Kapolres Salurkan Sembako untuk Warga Iwaka

0
17
Foto : Rina/TimeX BANTUAN - AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika didampingi Ny Era selaku Ketua Bhayangkara Mimika menyerahkan sembako kepada warga Iwaka, Kamis (30/7).

TIMIKA,TimeX

Musibah banjir di wilayah Distrik Iwaka yang merendam puluhan rumah warga setempat ikut menggugah nurani semua pihak untuk turut terlibat dalam kepedulian.

Foto : Rina/TimeX
BANTUAN – AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika didampingi Ny Era selaku Ketua Bhayangkara Mimika menyerahkan sembako kepada warga Iwaka, Kamis (30/7).

BACA JUGA : Setiap Hari 30-50 Orang Terpapar Malaria

Salah satunya AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika didampingi Ny Era selaku Ketua Bhayangkara Mimika ikut berbela rasa turut mengunjungi melihat kondisi kekinian dari dekat sekaligus menyalurkan bantuan sembako guna meringankan kesulitan hidup dialami warga Iwaka pada Kamis (30/7).

AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menjelaskan dalam kunjungan ini bersama Bhayangkari melakukan bakti sosial ke Kampung Iwaka, Distrik Iwaka serta mengunjungi Jalan Trans Nabire yang putus setelah dihantam banjir bandang beberapa hari lalu.

BACA JUGA : Pemkab Mimika Pinjam Obat Malaria dari Kabupaten Tetangga

“Jadi, Polres Mimika mengadakan kegiatan sambang terhadap warga yang mengalami bencana banjir yang ada di wilayah hukum Polres Mimika,” kata Kapolres kepada wartawan di Kampung Iwaka Distrik Iwaka ketika itu.

Kapolres mengaku sudah melihat langsung kondisi jalan putus pasca diterjang banjir sehingga akses beberapa desa atau kampung di Iwaka mengalami musibah.

“Tentunya hal-hal pokok bagaimana mereka bisa bertahan hidup dan memberikan bantuan bama berupa beras maupun indomie. Dan hari ini ada dua tempat yang kita kunjungi dan setelah kita kunjungi daerah Jalan Trans Nabire, selanjutnya kita kunjungi Kampung Iwaka.

Dan kebetulan situasi sekarang tidak banjir tetapi pada saat situasi banjir rumah-rumah itu batas banjirnya setinggi dada orang dewasa,” jelasnya.

Ia mengatakan masyarakat di sini (Iwaka-red) menceritakan banjirnya datang pada saat hujan deras dan arus begitu sangat cepat sehingga kampung ini bisa tenggelam. Dan membuat warga menjadi tidak tenang (panik-red) dan tidurpun menjadi terganggu.

“Dengan begitu mereka membutuhkan uluran tangan dari kita semua dan memang masyarakat sudah sebagian membantu di sini, tetapi yang paling dibutuhkan di sini adalah jangka panjang. Di mana, apabila banjir datang lagi tahun-tahun berikutnya rumah panggung itu sudah selesai dibangun oleh pemerintah,” ujarnya.

Rumah Panggung

Menurutnya, dengan adanya rumah panggung bisa menjadi solusi apabila banjir datang lagi mereka tidak terganggu. Meskipun demikian, tetapi jika ada anak kecil yang lagi tidur dan tiba-tiba banjir datang maka akan berbahaya sekali bagi kehidupan mereka sendiri.

“Kedatangan ke sini kita juga membawa dokter untuk mengecek kondisi warga di sini, mana tahu ada yang sakit namun warga di sini sebagian masih sehat. Tetapi kita juga memberikan bantuan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh mereka,” katanya.

Atas usulan warga ini katanya, sebagai Forkopimda akan memberitahukan kepada pemerintah terkait dengan tuntutan masyarakat sehingga bisa terpenuhi dan kedepan mereka hidup lebih nyaman di sini.

Sementara Elesius Awiyuta, Kepala Kampung Iwaka mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolres beserta Bhayangkari yang telah memberikan bantuan kepada warganya.

“Dengan adanya kondisi ini akhirnya pemerintah membantu kita. Sejauh ini belum ada bantuan obat-obatan yang diberikan kepada kami. Karena sejauh ini belum ada warga kami yang sakit akibat dampak dari banjir ini,” jelasnya.

Elesius berharap usulannya kepada pemerintah berupa pembangunan rumah panggung bisa terakomodir.

“Kami hanya butuh rumah panggung, sehingga ketika air meluap dan rumah tidak akan masuk banjir karena rumah sangat tinggi. Karena selama ini ketika hujan deras, maka dapat mengakibatkan rumah banjir yang mencapai setinggi dada orang dewasa,” jelasnya.

Penulis : Rina

Edotor : Anton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.