Polres Mimika Ungkap 20 Kasus Kriminal, Satu Tersangka Mantan Anggota Polri

0
21
Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Mimika berhasil membekuk 20 tersangka berbagai kasus tindak pidana kejahatan diantaranya kasus pencurian dengan kekerasan atau begal, pencurian kendaraan bermotor, narkoba, miras lokal dan penggelapan.
FOTO:RINA.TIMEX TERSANGKA-Para tersangka kasus kriminal yang ditangkap jajaran Polres Mimika selama Bulan Juli 2020.

TIMIKA, TimeX

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Mimika berhasil membekuk 20 tersangka berbagai kasus tindak pidana kejahatan diantaranya kasus pencurian dengan kekerasan atau begal, pencurian kendaraan bermotor, narkoba, miras lokal dan penggelapan.
FOTO:RINA.TIMEX
TERSANGKA-Para tersangka kasus kriminal yang ditangkap jajaran Polres Mimika selama Bulan Juli 2020.

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Mimika berhasil membekuk 20 tersangka berbagai kasus tindak pidana kejahatan diantaranya kasus pencurian dengan kekerasan atau begal, pencurian kendaraan bermotor, narkoba, miras lokal dan penggelapan.

BACA JUGA : Anak Kamoro Dipesan Bersekolah Meraih Mimpi Masuk TNI-Polri

BACA JUGA : Bocah Korban Tabrak Lari di Hasanuddin Ditinggalkan Pelaku

Ke 20 tesangka tersebut berhasil diringkus dan diamankan Satreskrim dan Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika di berbagai tempat terpisah selama kurun waktu sebulan di bulan Juli 2020, dan dinominasi kasus pencurian.

Selain itu, dari 20 tersangka kriminal yang sementara dalam proses hukum, satu tersangka kasus narkoba berinisial IW adalah mantan anggota Polri.

IW dibekuk petugas di perempatan Jalan Hasanuddin-Jalan Budi Utomo pada 21 Juli lalu sekitar pukul 22:30 WIT.

“Dalam bulan ini (Juli-Red) Polres Mimika berhasil ungkap 14 tersangka kriminalitas, dan enam lainnya tersangka kasus narkorba,” jelas AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika kepada wartawan saat gelar press release di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Kamis (30/7).

Kapolres merilis 14 kasus yang diungkap Satreskrim Polres Mimika, diantaranya kasus pencurian alat music  milik Gereja Pantekosta di Indonesia (GpdI) Jemaat Bethesda di Jalan Agimuga Mile 32, pada Minggu (7/6), dimana polisi berhasil mengamankan 4 orang tersangka.

Kemudian Pencurian Alokasi Dana Desa (ADD) Distrik Jila dengan modus pecahkan kaca mobil berhasil ditangkap 2 orang, sementara 2 lainnya masih buron dan telah ditetapkan DPO.

Kedua tersangka dalam kasus ini memanfaatkan uang hasil kejahatan untuk membeli emas, sepeda motor dan handphone android.

Kasus pencurian sepeda motor twlah diamankan 2 tersangka, tersangka begal 2 orang serta tersangka kasus penadah hasil curian 2 orang, dan 1 orang tersangka penggelapan uang perusahaan.

“Dari sejumlah kasus kejahatan ini sudah semua tersangka kita amankan, dan masih ada yang buron dan ditetapkan sebagai DPO.”ungkap Kapolres menambahkan, khusus kasus pencurian berhasil diringkus 2 pelaku pencurian sepeda motor, 2 begal dan 2 penadah dengan barang bukti 10 unit sepeda motor.

Sementara 6 kasus yang ditangani Satresnarkoba Polres Mimika, telah diamankan dan diproses hukum enam orang tersangka kasus pembuatan minuman keras lokal (Milo) jenis sopi, serta 1 tersangka kasus narkoba jenis sabu.

“Enam tersangka kasus pembuatan milo kita amankan di lima lokasi berbeda, dimana jumlah barang bukti milo secara keseluruhan sebanyak 147 liter,” ungkap Kapolres.

Sedangkan satu tersangka kasus narkoba jenis sabu ini berhasil ditangkap petugas saat hendak melakukan transaksi jual beli di traffic light Jalan Hasanuddin-Budi Utomo.

“Pelaku menggunakan modus baru dalam transaksi barang haram tersebut, yakni menempelnya di handphone,” jelasnya.

Dijelaskan pula, satu paket sabu dibeli tersangka seharga Rp2,4 juta, kemudian dijualnya kembali secara ecer dengan harga Rp300-500 ribu.

Orang nomor satu di Polres Mimika menjelaskan, keberhasilan Polres Mimika dalam mengungkap para pelaku kejahatan yang telah merashkan masyarakat selama ini berkat bantuan masyarakat.

Pasalnya, tanpa adanya kerjasama yang baik, pihaknya tidak dapat mengungkap secara maksimal berbagai kasus kriminalitas yang terjadi dan berkembang saat ini.

“Walau berhasil tapi saya akui belum maksimal karena masih banyak pelaku tindak pidana  lain yang belum tertangkap atau terungkap. Sehingga saya minta saran, pendapat maupun dukungan masyarakat guna mengoreksi kinerja kami agar diperbaiki kedepan gua menguak para pelaku kriminal,” serunya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para tokoh masyarakat, agama dan lainnya yang telah membantu memberikan informasi kepada kepolisian dalam menciptakan Kamtibmas di Mimika.

Saar gelar press release, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Kapolres Mimika didampingi Kompol I Nyoman Punia, Wakapolres Mimika, AKP Dionisius VDP Helan Kabagops, AKP Hermanto Kasat Reskrim  dan AKP Mansur Kasat Narkoba Polres Mimika.

Penulis : Rina

Editor  : Maurits

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.