Salat Idul Adha di Tengah Pandemi Covid Mengajarkan Kita Kesabaran

0
12
Umat muslim di Mimika melaksanakan Salat Idul Adha berjamaah, salah satu titik di Masjid Agung Babussalam, Jumat (31/7). Ustad H Mumahamad Tahir (Khotib) membawakan khutba dan Uztad H Nur Salam (Imam).
FOTO: Indry/TimeX SALAT-Tampak umat Muslim memadari pelataran Masjid Babussalam, sesaat setelah salat idhul adha.

TIMIKA,TimeX

Umat muslim di Mimika melaksanakan Salat Idul Adha berjamaah, salah satu titik di Masjid Agung Babussalam, Jumat  (31/7).  Ustad H Mumahamad Tahir (Khotib) membawakan khutba dan Uztad H Nur Salam (Imam).
FOTO: Indry/TimeX
SALAT-Tampak umat Muslim memadari pelataran Masjid Babussalam, sesaat setelah salat idhul adha.

Umat muslim di Mimika melaksanakan Salat Idul Adha berjamaah, salah satu titik di Masjid Agung Babussalam, Jumat  (31/7).

Ustad H Mumahamad Tahir (Khotib) membawakan khutba dan Uztad H Nur Salam (Imam).

Ustad H Mumahamad Tahir menyampaikan pandemi Kovid-19 yang melanda sebagian negara termasuk Indoensia dan secara khusus di Mimika, mengajarkan kita kesabaran.

Untuk itu, ia berpesan agar umat Muslim senantiasa berikhtiar dan berdoa bagi bangsa dan daerah dalam menghadapi pandemi ini.

Pantauan Timika eXpres ( 31/7) ratusan umat mengikuti salat, tampak memenuhi ruang masjid hingga di halaman.

Gerimis tidak membuat antusias umat mengikuti salat berjamaah, apalagi saat Idul Fitri pada mei lalau dikarenakan maraknya Covid-19.

Meski dipadati umat, namun protokol Covid-19 tetap dijalankan, dimana umat yang akan masuk ke areah masjid diwajibkan  mencuci tangan dan mengenakan masker.

Khotob dalam khutbahnya menyampaikan, wabah corona mengajar umat untuk bersabar, dan hanya orang yang bersabar yang dicukupi pahalanya. Pandemi ini juga membuat umat mengambil teladanan nabi  Ibraham, yang selalu taat dalam doa.

Begitu taatnya dalam dalam doa, dalam meminta seorang anak soleh kepada Allah di usianya yang tidak muda lagi, barulah doanya dijawab, tetapi ia tidak pernah berputus asa.

“Keteladanan dari Nabi Ibrahinlah yang harus diteladani umat muslim saat diperhadapkan dalam situasi corona,” pesannya.

Dalam menutup Khutbanya, Khotib ingatkan umat muslim agar tidak meninggalkan sholat dan selalu berkurban.

Sementara itu, H Akhir Iribaran Ketua Dewan Masjid (DKM) Masjid Babusalam, mengatakam, meski salat dibatasi sejak adanya covid-19, namun pada hari ini (kemarin,red) semua kaum muslimin diizinkan sholat berjemaah walaupun masih dalam wabah covid

Sebagaimana telah disampaikan kepada Tim Penanganan Covid-19 kepada dewan Kemakmuran Masjib (DKM) agar sholat ied tetap dijalankan namun harus mengedepankan protokol kesehatan

“Kita tetap mengedepankan aturan, alhamdulilah tahun ini kita bisa salat bersama, di Masjid Babusalam dan seluruh Masjid di Mimika,” katanya.

Iribaran, mengakui dalam penerapan protokol Covid-19 hal yang susah dihindari ialah jarak, meski telah diterapkan satu meter lebih antara jamaah satu dan yang lain

“Intinya, jangan lepaskan masker, dan mencuci tangan, bahkan sebelum masuk lingkungan masjid, setiap jamaah diperiksa suhu tubuh, kalau sholat jamaah setiap hari kami tetap jaga jarak hanya hari ini memang jamaah agak rapat, kami juga tidak mungkin suruh mereka pulang,” jelas Iribaran

Kurban Tahun ini Sebanyak Tujuh Ekor Sapi

Sementara itu jumlah kirban tahun ini sebanyak tujuh ekor sapi dan sembilan ekor kambing.

Kurabn ini dinatarana berasal dari Johannes Rettob, satu ekor kemudian Robby Omaleng ketua DPRD Mimika satu ekor sapi selanjutnya Tiga ekor sapi dari Satgas Nemangkawi, Satu ekor Sapi dari Telkomsel,  dan satu ekor sapi dari Jamaah.

“Kami berterimakasi atas sumbangan kurban daru Wakik Bupati, Ketua DPRD, dan Satgas Nemangkawi, trimakasi atas bantuanya, semogga tuhan membahasnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Robby Omaleng , Ketua DPRD Mimika yang menyumbang satu ekor sapi bagi umat Muslim yang merayakan hari raya Idul Adha  menyerahkan kurban di Masjid Babusalam, Kamis (30/7), diterima langsung oleh H Muhamad Tahir Imam Besar.

“Saya dan Keluarga, menyumbangkan satu ekor sapi dengan secara suka rela,” ujar Robby.

Ia berharap dengan bantuan ini, bisa memberikan manfaat kepada umat muslim,

” Mudah-mudahan dengan bantuan ini para kaum duafa bisa menikmatinya,” pungkasnya.

Penulis : Indri

Editor   : Linda

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.