Angka HIV AIDS Papua Capai 28 Ribu Kasus

TIMIKA,TimeX Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua mencatat mulai tahun 1992 hingga 2017, angka penyebaran kasus HIV-AIDS di Provinsi Papua mencapai 28.771 ribu kasus.

Angka HIV AIDS Papua Capai 28 Ribu Kasus

Timika Urutan Ketiga

TIMIKA,TimeX

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua mencatat mulai tahun 1992 hingga 2017, angka penyebaran kasus HIV-AIDS di Provinsi Papua mencapai 28.771 ribu kasus.

“Data terakhir secara komulatif jumlah kasus HIV-AIDS di Papua sudah mencapai 28 ribu lebih kasus dan Timikadi urutan ke tiga,”  ungkap Kepala Bidang Program KPA Provinsi Papua, Mozard Dante Salakory saat ditemui wartawan di Hotel Horison Ultima, Kamis (9/11).

Mozart mengatakan, KPA Papua menghitung data ini dari kasus baru maupun pasien HIV-AIDS yang sudah meninggal dunia.

Pihak KPA, lanjut dia mempunyai tugas untuk mengungkap kasus yang tersembunyi yaitu  pasien yang berani datang ke klinik VCT untuk mendapatkan layanan pemeriksaan HIV-AIDS.

“Dulu itu KPA hanya dapat data pasien dari rumah sakit, puskesmas, namun saat ini pasien sudah mulai sadar untuk memeriksa diri. Itu suatu keberhasilan karena bisa mengungkap lagi data pasien,” tuturnya.

Ia menjelaskan, sesuai target dari Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur  Kelemen Tinal, pada masa akhir jabatan mereka  di 2018 mendatang KPA bisa mengungkap 25 ribu kasus HIV – AIDS, tapi saat ini ternyata pencapaiannya sudah melebihi target.

“Puji Tuhan sudah lebih dari target yang ditetapkan. Ini berartii tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri sudah tinggi,” jelas Mozart. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *