775 Calon PPD dan PPS Siap Jalani Tes Wawancara

TIMIKA, TimeX Untuk melengkapi perangkat penyelenggara Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mimika, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika mulai melakukan tahapan proses dan persiapan.

Theodora Ocepina Magal

>>KPU Umumkan Syarat Calon Indenpeden Pilkada 2018 

TIMIKA, TimeX

Untuk melengkapi perangkat penyelenggara Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mimika, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika mulai melakukan tahapan proses dan persiapan.

Setelah proses rekrutmen dan tes tertulis, 775 Panitia Pemungutan  Distrik (PPD) dan Panitia Pemunugutan Suara,  ratusan peserta tersebut akan menjalani tes wawancara, pada Rabu (15/11).

775 peserta terdiri dari 215 calon PPD dan 560 calon PPS.

“Mereka semua dinyatakan lolos tes tertulis beberapa waktu lalu, Rabu besok akan ikut tes wawancara di Aula MPCC (multipurpose community center)” terang Ketua KPU Mimika,  Theodora Ocepina Magal saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya tadi malam.

Lebih lanjut, tes wawancara ini hanya digelar sehari, sehingga para peserta diharapkan memahami materi tes wawancara  tentang pemilu dan wilayah,”ucapnya.

“Setelah hasil tes wawancara belum bisa diumumkan langsung hasilnya, karena Hari Kamis-Jumat nanti kami ikut bimbingan teknis di Jayapura. Mungkin nanti balik dari Jayapura baru diumumkan,” jelasnya.

Sebab, dari jumlah 560 calon PPD, hanya akan diseleksi dan direkrut  90 orang.

Sementara dari jumlah 560 PPS hanya akan direkrut 513 orang,” jelasnya.

“Saya harap peserta PPD dan PPS persiapkan diri baik hadapi tes wawancara, karena semuanya ini untuk kesuksesan dan kelancaran Pilkada 2018 di Mimika,” tandasnya.

Tidak hanya itu, tahapan proses menuju Pilkada 2018 yang juga dipersiapkan KPU Mimika saat ini adalah pengumuman syarat calon bupait dan wakil bupati jalur perseorangan atau independen.

Divisi Teknis KPUD Mimika, Derek Mote menjelaskan, bahwa besok (hari-Red)  pihaknya akan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus sosialisasi syarat calon bupati dan wakil bupati  dari jalur perseorangan dengan mendasari Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang///dan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017.

Dengan menghadirkan pemateri dari KPU Provinsi, Bimtek dan sosialisasi tersebut akan digelar di Hotel Grand Tembaga siang ini.

Berdasarkan surat KPU Mimika yang diterima redaksi Timika eXpress tadi malam, ada 21 syarat umum calon bupati dan lima syarat khusus calon bupati dan wakil bupati melalui jalur independen pada Pilkada 2018 mendatang. Dalam surat resmi KPU Mimika juga dicantumkan jadwal dan 10 tahapan pendaftaran pasangan calon perseorangan Pilkada 2018. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *