Sekda You Pantau Posko Satgas Kesehatan Terpadu

TIMIKA,TimeX Sekretaris Daerah (Sekda ) Mimika, Ausilius You, S.Pd,MM,MH, Rabu (15/11) memantau persiapan di Posko Satgas Kesehatan Terpadu Kabupaten Mimika untuk menangani warga yang dievakuasi dari perkampungan di Tembagapura yang terisolir dan diteror secara psikis oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

KUNJUNGI-Sekda Mimika, Ausilius You saat mengunjungi posko evakuasi warga yang terisolir dari Tembagapura di Gedung Tongkonan Jalan Samratulangi, Rabu kemarin.

TIMIKA,TimeX

Sekretaris Daerah (Sekda ) Mimika, Ausilius You, S.Pd,MM,MH, Rabu (15/11) memantau persiapan di Posko Satgas Kesehatan Terpadu Kabupaten Mimika untuk menangani warga yang dievakuasi dari perkampungan di Tembagapura yang terisolir dan diteror secara psikis oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Saat memantau Posko di Graha Eme Neme Yauware, Timika Indah dan Posko di Gedung Tongkonan di Jalan Samratulangi, Sekda You didampingi Staf Ahli Bupati Mimika, Benny Renyaan bersama Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Mimika, Limi Mokodompit.

Pantauan ini dilakukannya guna memastikan kesiapan Posko termasuk petugasnya, sebab dalam waktu dekat warga di perkampungan Distrik Tembagapura akan di evakuasi ke Timika.

“Selain posko di Graha Emene Neme, Gedung Tongkonan, juga warga yang dievakuasi akan ditempatkan di Sekretariat Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB). Kunjungan ini saya mau cek dan pastikan persiapan posko, ketersediaan bahan makanan (bama), MCK, obat-obatan dan kebutuhan lain untuk menangani warga yang dievakuasi,” jelasnya saat diwawancarai Timika eXpress di Posko Gedung Tongkonan.

Sebagaimana pantauan Timika eXpress dari kunjungan Sekda You bersama rombongan, belum ada warga yang dievakuasi.

“Tim hanya stand by dan mempersiapkan kelengkapan untuk melayani warga masyarakat dari perkampungan di Pembagapura seketika dievakuasi. Hal ini nanti akan dibicarakan lagi dengan bupati dan dinas terkait untuk persiapannya. Yang dievakuasi adalah masyarakat pemeirntah sehingga kami akan perhatikan penuh,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Posko Satgas Kesehatan, dr.Mozes Untung di tempat yang sama, mengatakan posko yang dibangun ini anggotanya tidak hanya dari Dinkes Mimika tetapi melibatkan semua dinas terkait.

“Tim Mimika Terpadu ini salah satu komponennya adalah tim kesehatan yang dikoordinir Dinkes Mimika, di dalamnya ada keterlibatan Polres Mimika dalam hal ini Klinik Tribrata, Kodim 1710 Mimika melalui Rumkitban, RSUD Mimika, RSMM dan puskesmas-puskesmas di Timika. Khusus tenaga kesehatan akan siaga atau disesuaikan dengan kebutuhan penanganannya dalam waktu 24 jam,”tutur Mozes menambahkan sejak dibukanya posko minggu lalu, petugas kesehatan sudah mulai stand by.

Dijelaskan pula, ketersediaan obat-obatan di Posko yang dibentuk tidak menggangu persediaan obat-obatan di puskesmas maupun rumah sakit, karena sudah diantisipasi untuk keadaan-keadaan urgensi.

“Jika nanti dalam proses evakuasi ada warga yang perlu penanganan lanjut, maka kita akan rujuk ke RSUD atau RSMM, karena di posko hanya penanganan kesehatan tingkat pertama. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *