Masalah KKB Gubernur Papua Harus Turun Tangan

TIMIKA,TimeX Masalah serangkaian penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Distrik Tembagapura Gubernur Papua Lukas Enembe harus ikut turun tangan mencari solusi penyelesiannya.

Masalah KKB Gubernur Papua Harus Turun Tangan

TIMIKA,TimeX

Masalah serangkaian penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Distrik Tembagapura Gubernur Papua Lukas Enembe harus ikut turun tangan mencari solusi penyelesiannya.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Mimika Luky Mahakena dalam rilisnya kepada Timika eXpress pada Rabu (15/11) malam.

Menurut Luky, gubernur selaku pemimpin tertinggi di wilayah Papua perlu segera melakukan langkah koordinasi lintas kabupaten dalam wilayah hukum Propinsi Papua. Hal ini sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dalam melaksanakan kewajiban memilihara stabilitas kambtimas terkait persoalan serius di Tembagapura ksususnya warga di Kampung Banti dan Kimbeli.

Mantan Rektor UTI ini menegaskan gubernur tidak bisa memandang kejadian ini hanya tanggung jawab aparat penegakan hukum terutama Polri dan TNI semata, sebab hingga saat ini sudah ada jatuh korban baik dari pihak polri maupun masyarakat. Pasalnya, saat ini ada 1.300 lebih warga di dua kampung hidup di tengah tekanan KKB dengan melarang tidak boleh keluar dari kampung.

Menurutnya melalui pertemuan semua kepala daerah di wilayah Papua menjadi satu kekuatan bersama untuk bagaimana menyikapi segala persoalan yang melilit warga yang kini dihadapi.

Paling utama dalam memberikan penyelamatan warga sipil tidak berdosa di dua kampung itu mulai dari sisi pasokan sembako, kesehatan maupun pendidikan.

“Kejadian ini sudah sebulan lebih tapi gubernur tidak ada gerakan apa-apa. Masyarakat ingin pemimpinnya hadir di tengah situasi seperti ini,” katanya. (tio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *