Power System Telkom Rusak, Jaringan Telkomsel Terputus

TIMIKA,TimeX Keluhan warga mengakses jaringan telepon seluler dan jaringan internet dari provider PT Telkomsel dan Telkom selama beberapa jam pada, Rabu (22/11) kemarin akhirnya terjawab.

Supervisor Aquitition Loyalty and Retention Telkomsel Branch Timika, Victor Kwando.

TIMIKA,TimeX

Keluhan warga mengakses jaringan telepon seluler dan jaringan internet dari provider PT Telkomsel dan Telkom selama beberapa jam pada, Rabu (22/11) kemarin akhirnya terjawab.

Supervisor Aquitition Loyalty and Retention Telkomsel Branch Timika, Victor Kwando saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Rabu (22/11) menerangkan, putusnya jaringan Telkomsel sekitar 5 jam lamanya dikarenakan adanya kerusakan di power system PT Telkom Indonesia Timika.

Kerusakan serupa sudah terjadi sejak Selasa (21/11) kemarin, namun setelah diperbaiki,  ternyata rusak lagi.

“Memang benar kita juga terima banyak pengaduan dari masyarakat dan korporasi, kantor maupun perusahaan, katanya tidak bisa mengakses layanan telepon, sms dan internet dari jaringan Telkomsel,” jelas Victor menambahkan, tapi setelah diperbaiki, sejak terputus pukul 07.30 WIT, jaringan Telkomsel sudah bisa diakses kembali pukul 12.24 WIT.

Lebih lanjut katanya, suspect jaringan PT Telkom berdampak kepada impact dari sistem jaringan Telkomsel, sehingga memutus akses layanan ponsel, sms maupun internet.

“Sejak terjadinya gangguan, kami (Telkomsel) langusng koordinasi secara manual dan pihak Telkomsel, dan saat itu juga langsung dilakukan pemulihan dan perbaikan jaringan.

Saat gangguan, untuk customer service (CS) tidak bisa koneksi ke sistem karena induk sistem jaringannya dari Telkom.

“Selama beberapa jam tadi (kemarin-Red) memang no servicenya untuk layanan voice (suara), sms dan internet benar-benar tidak bisa. Pastilah mengganggu pekerjaan di kantor, perusahaan,” ungkap Victor.

Dijelaskan pula, saat koneksi jaringan terputus, keluhan dari pelangganpun berbeda-beda yang diterima pihaknya.

“Ada yang mengeluh harus diakses ke sistem tetapi ada juga yang tidak harus masuk ke sistem atau offline. Dengan kondisi yang terjadi kami hanya layani keluhan yang offline, sedangkan yang harus masuk ke sistem sementara belum bisa karena masih dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Untuk akses melalui sistem, ini seperti yang dikeluhkan pelaku usaha foto copy, karena harus menggunakan sistem local area network (LAN).

Adanya gangguan ini, Victor memohon maaf kepada warga masyarakat atas ketidaknyamanan ganguan jaringan Telkom yang berdampak pada layanan Telkomsel,” tukasnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *