Kace Kabur dari Sel Polres Mimika

Foto: Dok/TimeX AMANKAN - Residivis kelas kakap pencurian sepeda motor KFY alias Kace (20) bersama barang bukti sepeda motor diamankan aparat Polres Mimika di Jalan Sam Ratulangi depan Gereja Pentakosta pada Selasa (21/11).

Residivis kelas kakap pencurian sepeda motor KFY alias Kace (20).

TIMIKA,TimeX

Residivis kelas kakap pencurian sepeda motor KFY alias Kace (20) kembali kabur dari sel Polres Mimika pada 1 Desember lalu. Kace berhasil lolos dari ‘hotel prodeo’ itu setelah memanjat tembok kemudian membongkar plafon tahanan.

“Saya dapat informasi itu dari salah satu perwira di Polres Mimika kalau Kace itu melarikan diri dengan cara memanjat melalui plafon sel tahanan,”  ujar sumber terpercaya Timika eXpress yang tidak mau menyebutkan namanya pada Rabu (13/12).

Sumber itu mengatakan kaburnya Kace memberi isyarat bahwa tingkat keamanan di sel tahanan Polres Mimika terbilang kurang ketat karena lokasi sel tahanan tersebut berada di dalam kompleks Polsek Mimika Baru.

“Kalau Kace kabur dari lapas saya pikir itu masuk akal karena penjagaannya sangat terbatas dan tidak dilengkapi oleh senjata api. Sedangkan aparat kepolisian sudah punya semua itu, tapi kenapa Kace masih bisa lolos? Ini yang jadi pertanyaan,” ujarnya.

Pasca-kaburnya Kace ini kabar yang diterima media ini di lapangan bahwa pelaku kembali beraksi melakukan penjambretan terhadap seorang warga atas nama Valen Sakbal pada Senin (11/12) malam di depan SMA Negeri 1. Pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor beat tipe Honda serta 2 unit handphone milik Valen. Kace melancarkan aksinya bersama anggotanya dengan mengancam korban menggunakan pisau ke arah leher korban.

Mengenai hal ini Kalapas Kelas II B Timika Marojahan Doloksaribu saat dikonfirmasi Timika Xpress via ponsel, Rabu (13/12) mengatakan pihaknya telah menyurati Polres Mimika mengenai permintaan bantuan untuk mengejar para binaan lapas yang melarikan diri.

“Kita berkomitmen untuk bisa menangkap kembali tahanan yang kabur, karena mereka semua kabur disaat saya belum menjabat sebagai pimpinan lapas,” ungkapnya.

Perlu diketahui Kace merupakan tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Timika yang kabur beberapa waktu lalu namun berhasil dibekuk aparat Polres Mimika di Jalan Sam Ratulangi depan Gereja Pentakosta pada Selasa (21/11) sekira pukul 22.45 WIT lalu.

Penangkapan Kace ini berawal informasi dari Amin Soffi (23) anggota Dalmas sekaligus saksi saat itu baru pulang membeli makan dari Jalan Budi Utomo hendak pulang ke rumahnya di Jalan Sam Ratulangi.

Saat Amin melewati Jalan Sam Ratulangi melihat temannya sedang mengendarai sepeda motor dipepet dan diganggu oleh beberapa pengendara sepeda motor.

Melihat hal itu dalam pikiran Amin menduga bahwa beberapa pemuda tersebut adalah teman dari KFY alias Kace. Setelah mendekati mereka Amin kemudian menegur dengan kata-kata “hei ada apa? Kenapa kamu ganggu teman saya?”

Mendengar teguran itu salah seorang rekan tersangka memberi aba-aba “kejar dan tahan dia”.

Amin saat itu langsung menendang salah seorang teman mereka dan menabrak salah satu sepeda motor pelaku yang mencegat dirinya dari arah depan. Pada saat itu Amin berhasil membebaskan diri dan berusaha meminta bantuan serta melaporkan kejadian yang telah dialaminya.

Namun selang beberapa menit kemudian seorang warga atas nama  Jefri Timotius Tadu (20) melintas di tempat tersebut dengan sepeda motornya menjadi korban pelampiasan amarah dari para pelaku. Mereka mencegat korban dan salah seorang pelaku langsung memukul korban satu kali di bagian rusuk kiri.

Korban yang kesakitan berusaha menghindar menyelamatkan diri dengan berlari kembali ke arah Jalan Budi Utomo, sementara sepeda motornya ia tinggalkan dan langsung dikuasai pelaku.

Dengan rasa sakit korban menuju Polres Mimika melaporkan kejadian yang dialaminya. Merespon laporan itu personil perintis dibawah kendali Pawas langsung terjun ke TKP dan berhasil mengamankan tersangka KFY alias Kace namun teman-temannya berhasil kabur.

Polisi juga berhasil amankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih hitam DS 2248 MS. Kace dan barang bukti kemudian dibawa ke Polsek Mimika Baru guna proses hukum lebih lanjut. (zuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *