Hari  Terakhir, 10 Balon Mendaftar di KPU Mimika Hanya 7 Balon Lolos Pendaftaran

TIMIKA,TimeX 10 bakal pasangan calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika pada hari terakhir pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Mimika pada Pilkada 2018.

Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Mimika.

TIMIKA,TimeX

10 bakal pasangan calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika pada hari terakhir pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Mimika pada Pilkada 2018.

Pasangan calon yang mendaftar terdiri dari empat pasangan calon perseorangan dan empat pasang calon diusung Partai Politik (Parpol).

Dari 12 pasangan bakal calon yang mendaftar sejak tanggal 8 Januari lalu, hanya 7 pasangan bakal calon yang dinyatakan lolos pendaftaran hingga hari terakhir, Rabu (10/1).

Tujuh pasang tersebut termasuk empat balon yang mendaftar dari jalur perseorangan yakni Petrus Yanwarin–Alphius Edoway (Petraled), Robertus Waoropea–Albert Bolang (RnB), Wihelmus Pigai-Allo Rafra (Musa), dan Maria Florida Kotorok-Yustus Way. termasuk dua pasangan yang mendaftar dihari petama, Hans Magal-Abdul Muis dan Philipus Wakerkwa-H Basri.

Sedangkan empat balon dari Parpol yaitu Eltinus Omaleng-Johanes Rettob (OMTOB) dan Elminus Mom-Parjono. lainnya, Paulus Yanengga, Nurman Karupukaro-Cherly Lumenta dan Bartholomeus Japorao-Drs Yunus Boari, Msi, hanya diakomodir paket pasangan OMTOB.

“Pasangan yang mendaftar pertama adalah Petraled disusul RnB,MUSA,OMTOB,Elminus Mom-Parjono, kemudian Maria Florida Kotorok-Yustus Way. Yang daftar terakhir Paulus Yanengga, Nurman Karupukaro-Cherly Lumenta dan Bartholomeus Japorao-Drs Yunus Boari, Msi.

masing-masing pasangan calon saat mendaftar ke Kantor KPU Mimika di Jalan Yos Sudarso Timika diterima langsung Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal bersama komisoner lainnya yakni Divisi Teknis, Derek Motte, Divisi Hukum, Alfrets Petu Petu dan Divisi SDM dan Pastisipasi Masyarakal, Yoel Luis Rumakewi. Turut serta anggota Panwas, Imelda Ohee.

Setelah dilakukan pemeriksaan syarat pendaftaran pada kelima bakal calon saat datang ke KPU Mimika, bersama penghubung masing-masing calon mengecek berkas syarat pendaftaran.

Apabila ada kekurangan maka segera diperbaiki.

Namun dari pengecekan, berkas pendaftaran kelima  pasangan calon telah memenuhi ketentuan yang ada, sehingga dilanjutkan dengan pemberian tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan.

“Ketujuh pasangan termasuk dua pasang yang mendaftar di hari pertama, paket HAM dan Philipus dinyatakan memenuhi syarat. Sehingga mereka dapat melanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan di RS di Jayapura sebelum penetapan calon pasangan tanggal 12 Pebruari mendatang. Rencana hari ini tujuh pasangan calon berangkat ke Jayapura untuk tes kesehatan,” jelas Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal kepada wartawan, Rabu kemarin.

Sementara bakal pasangan calon Elminus Mom-Parjono, Paulus Yanengga, Nurman Karupukaro-Cherly Lumenta dan Bartholomeus Japorao-Drs Yunus Boari, Msi dinyatakan gagal dan tidak lolos administrasi pendaftaran karena tidak mengantongi surat rekomendasi dari pusat atau SK asli.

“Pasangan calon Elminus-Parjono, Paulus Yanengga tidak hadir hanya diwakili tim. Kemudian Bartholomeus Japorao juga hadir tanpa wakilnya, termasuk Nurman-Cherly tidak lolos karena tidak mencapai syarat dukungan kursi Parpol di DPRD Mimika seihngga tidak lolos pendaftaran calon.

Sementara itu kedatangan ke-10 bakal calon diiringi dengan dukungan massa yang cukup banyak sehingga aparat memberlakuan pengamanan ketat, dan juga pengalihan jalur kendaraan di Jalan Yos Sudarso menuju Kantor KPU Mimika.

Petraled  Maju Atas Dorongan Masyarakat

Menjadi pasangan pertama dari jalur perseorangan yang mendaftar di KPU Mimika pada pukul 10.30 WIT di hari terakhir, Rabu kemarin, paket bakal calon dengan jargon Petraled diiringi dengan tarian adat Kamoro.

Petrus Renwarin yang mengenakan topi adat Kamoro dan memakai tauri bersama Alphinus Edowai diantar pendukungnya dengan penuh optimis karena keinginan maju Pilkada 2018 atas dorongan masyarakat.

“Kami maju atas keinginan masyarakat, rakyat ingin kami jadikan Mimika sebagai rumah idaman seluruh rakyat Mimika, agar ketimpangan-ketimpangan tidak lagi terjadi,” Jelas Petrus Yanwarin kepada wartawan usai mendaftar.

Untuk menjadikan Mimika sebagai rumah idaman, pesannya kepada KPU Mimika agar menjalankan semua tahapan proses Pilkada sesuai amanat ketentuan aturan dan perundang-undanganyang berlaku agar tidak menimbulkan kisruh. (a26)

RnB Kedepankan Azas Hukum

Pasangan kedua Robertus Waropea–Albert Bolang (RNB) yang mendaftar pukul 13.00 WIT, dengan iringan tarian adat Kamoro dan Sulawesi Utara dan diarak dengan becak saat mendaftar, menekankan ke KPU Mimika agar mengedepankan azas hukum.

Bahwa azas hukum merupakan panglima dalam segala hal termasuk proses demokrasi untuk membawa Mimika lebih baik ke depannya.

“Pesta demokrasi merupakan momen penting bagi masyarakat Mimika, Karena ini menjadi saat dimana kita mengubur kejelekan demokrasi masa lalu dan bangkit dan jadikan Mimika baru,” jelas Albert Bolang kepada wartawan usai mendaftar di KPU kemarin.

Dengan mengedepankan azas hukum,  kata Albert semua demokrasi yang terjadi di kota Mimika dapat berlangsung Adil, jujur dan aman.

“Dengan Adil, aman dan jujur, maka semuanya akan berjalan dengan baik dan kamtibmas di Mimika terjamin, dan warga masyarakat melaksanakan pesta demokrasi secara bermartabat sesuai pilihan hati nuraninya,” ujarnya.

Pasangan RnB saat mendaftar diarak dari sekretariat pemenangan di Jalan Leo Mamiri melewati Jalan K.H Dewantara dengan menggunakan becak hingga ke KPU. (a26)

MUSA Ingin Bangun Kampung dan Menata Kota

Menyusul pasangan Wihelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (Musa), termasuk dua sosok yang memahami benar situasi serta perkembangan Mimika sejak dulu hingga kini, optimis maju Pilkada 2018 karena keinginannya membangun kampung dan menata Kota Mimika agar lebih baik lagi ke depannya.

“Selain menyerahkan berkas syarat pendaftaran, kami juga sertakan visi misi pembangunan kampung dan kota,” jelas Wilhelmus Pigai kepada wartawan usai mendaftar.

Jika terpilih nanti, MUSA memastikan 70 persen dari APBD Mimika akan difokuskan arahkan untuk pembangunan kampong guna mempercepat pertumbuhan ekonomi karena kondisi wilayah di pedalaman maupun pesisir masih memprihatinkan.

“Ini menjadi kegelisahan dan tidak mungkin dibiarkan terus, maka anggaran perjalanan dinas keluar daerah akan kita pangkas,” katanya maju Pilkada karena prihatin dengan kondisi Mimika.(a26)

OMTOB Didukung 13 Parpol

Pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob) dengan jargon OMTOB memastikan maju melalui jalur Partai Politik (Parpol) setelah mendapat dukungan 13 parpol termasuk Parpol non seat di DPRD Mimika maupun Parpol baru.

Ke-13 parpol diantaranya  Golongan Karya (Golkar), PDIP, Demokrat, Hanura, Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan tiga parpol non seat dan parpol baru yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Perindo

Petahanan Eltinus Omaleng meminang John Rettob dengan rela menanggalkan jabatannya selaku Kepala Dishubkominfo.

Kedua pasangan ini mendaftar ke KPU Mimika pukul 15.30 WIT setelah mengawali deklarasi Koalisi Mimika Bersatu di Lapangan Timika Indah.

Saat mendaftar, Omaleng sangat optimis, bahkan ia memastikan akan melawan kotak kosong karena mendapat dukungan semua parpol di DPRD Mimika dengan persetujuan pusat.

“Kami optimis menang, dokumen yang kami bawa juga sudah lengkap karena kami sudah siapkan dari jauh-jauh hari,” jelas Omaleng kepada Wartawan di Kantor KPU Mimika kemarin.

Rasa optimis yang disampaikan dengan harapan Komisioner KPU Mimika bekerja secara jujur dan adil sesuai aturan yang diamanatkan. (a26)

Maria dan Yustus : Mimika Harus Mandiri dan Sejahtera

Pasangan dari jalur perseorangan yang mendaftar pukul 20.00 WIT, Maria Kotorok-Yustus Way, usai menyerahkan berkas dokumen ke komisioner KPU Mimika, mengatakan visi misi maju Pilkada 2018 dengan mengusung misi Mimika harus berbenah, mandiri dan sejahtera.

“Dengan kekurangan yang kita lihat dan terjadi saat ini, maka Mimika harus dibenahi di semua sektor, terutama SDMnya, ekonominya dan yang berhubungan dengan kepentingan rakyat,” kata Maria Kotorok.

Pasalnya, dengan berbenah maka masyarakat dengan mudah dilatih untuk mandiri dan tidak lagi bergantung pada Pendapatan Asli Daerah atau PT Freeport, tetapi mampu memanfaatkan sumber kekayaan lainya yang potensial.

“Jika kita sudah benahi, masyarakat sudah bisa mandiri, maka kesejahteraan pasti ada di depan,” tutupnya. (a26)

Hanya Didukung Gerindra, Elminus Optimis

Sementara Elminus Mom-Imam Parjono yang diusung Partai Gerindra mendaftar ke KPU pukul 17.30 WIT kemarin.

Hanya saja saat mendaftar Elminus Mom tidak didampingi calon wakilnya, Imam Parjono dan hanya diwakili oleh anggota tim pemenangan yakni Joko Widodo.

Hanya didukung Gerindra dengan 6 kursi di DPRD, tentu masih kurang satu kursi, karena sesuai ketentuan harus tujuh kursi Parpol di DPRD.

Dengan memastikan dukungan dari Nasdem dan PKB, rupanya tidak didapatkan.

Elmninus yang juga Ketua DPRD Mimika meminta KPU Mimika melaksakanan Pilkada secara jujur dan adil. (a26/tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *