Dua Bus Freeport Ditembak di Mile 69

TIMIKA, TimeX Dua unit bus pengangkut karyawan milik PT Freeport, Selasa (16/1) sekitar pukul 18.14 WIT kembali dibereondong tembakan saat melintas di kawasan mile 69 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika. Teror penembakan yang dilakukan

BUS FREEPORT-Satu unit bus Freeport dengan nomor lambung 14-1030 diamankan di Tembagapura setelah diberondong tembakan oleh KKB pimpinnan Sabinus Waker, Selasa petang kemarin.

TIMIKA, TimeX

Dua unit bus pengangkut karyawan milik PT Freeport, Selasa (16/1) sekitar pukul 18.14 WIT kembali dibereondong tembakan saat melintas di kawasan mile 69 Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika.

Teror penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminalitas Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker waktu itu membuat seorang karyawati atas nama Pricilla Antonia Wanma (22) syok dan tak sadarkan diri hingga dirawat di rumah sakit milik PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

Kapolres Mimika AKBP Victor Mackbon kepada Timika eXpress tadi malam via ponselnya, mengatakan bus yang dikemudikan Armando Inauri membawa 20 penumpang yakni karyawan underground mine dari area Office Building (OB) IV mile 72 hendak menuju mile 68, Tembagapura sekitar pukul 17.50 WIT.
Tidak ada korban jiwa, dan tembakan yang dilepaskan kelompok Sabinus Waker, hanya mengenai bodi bus Iveco warna putih bernomor lambung 14-1030 tanpa baja anti peluru (armour).
Pelaku penembakan, sebut Kapolres Mackbon adalah pemain lama yang menguasai lokasi tersebut.
“Kami pastikan pelakunya adalah pemain lama yang setelah melakukan aksinya langsung melarikan diri ke hutan-hutan disekitarnya,” kata AKBP Mackbon.
Dikatakannya, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan anggota Polres Mimika, terdapat  sejumlah lubang bekas tembakan.
“Anggota sempat menyusuri sekitar tempat kejadian namun karena cuaca yang sudah mulai gelap, personel tidak melakukan pengejaran,” jelas Kapolres.

Kejadian waktu itu sekitar pukul 18.14 WIT, bus naas tersebut melintas di jalan tambang mile 69, sontak seorang penumpang mendengar bunyi tembakan sebanyak tujuh kali.

Bahkan karyawan lainnya yang juga menumpang bus naas tersebut mengaku mendengar rentetan tembakan mengenai bus bahkan kaca jendela pengemudi.

Hanya saja bus yang diberondong  tembakan tetap melanjutkan perjalanan dari lokasi kejadian menju RS Tembagapura, sekaligus mengantar karyawati yang mengalami syok hingga tak sadarkan diri.

Tidak lama berselang, satu unit bus Freeport yang dilapisi armour dengan nomor lambung 14-0417 yang dikendarai Sefti Agus dilaporkan ikut tertembak dalam perjalanan menuju mile 72 beberapa saat setelah berpapasan dengan bus Iveco 14-0430 yang pertama kali ditembak.

Namun, Sefti Agus tetap memacu bus tersebut meninggalkan lokasi kejadian menuju terminal ridge camp di mile 74. (ant/vis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.