Bupati Diminta Selamatkan Pendidikan di Mimika

TIMIKA,TimeX Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.MH diminta mengganti Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jeni O Usmany jika ingin menyelamatkan pendidikan di Mimika. Melalui pertemuan save education of Mimika di Aula Bobaigo Keuskupan Timika, Rabu (24/1),

PERTEMUAN-Pertemuan guru-guru YPPK sekaligus pembentukan forum dipimpin Ketua YPPK Tillemnans, Jhon Giyai di Aula Boaigo Keusukupan Timika, Rabu kemarin.

TIMIKA,TimeX

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE.MH diminta mengganti Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jeni O Usmany jika ingin menyelamatkan pendidikan di Mimika.

Melalui pertemuan save education of Mimika di Aula Bobaigo Keuskupan Timika, Rabu (24/1), sekaligus pembentukan Forum Solidaritas Pendidikan Eme Neme Yauware Kabupaten Mimika, guru-guru mulai jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA-SMK, baik sekolah yayasan maupun negeri menyerukan pergantian Kadis Pendidikan Mimika.

Dengan munculnya berbagai permasalahan pendidikan selama masa kepemimpinan Jeni O Usmany, guru-guru menilai telah melakukan tindakan diskriminasi.

Hal ini disinyalir menjadi indikator hancurnya pendidikan di Mimika.

“Jadi kalau mau selamatkan pendidikan di Mimika, Bupati Omaleng harus ganti Jeni Usmany,” ujar Ketua YPPK Tilemans Timika, John Giyai kepada Timika eXpress usai pertemuan kemarin.

Bahkan, melalui Forum Solidaritas Pendidikan Eme Neme Yauware, guru-guru di sejumlah civitas pendidikan telah bersepakat akan melakukan aksi mogok dalam tugas dna tanggungjawabnya.

“Kita bersikap untuk selamatkan pendidikan di Mimika. Kalau tidak ada sikap tegas dari pemerintah mengganti Jeni Usmany, kita akan mogok kerja dan mogok mengajar. Melalui forum ini kami bentuk untuk menyikapi sinyalemen diskriminasi terhadap guru-guru honor, baik swasta maupun negeri dari sikap pimpinan penanggung jawab pendidikan di Mimika,” tambahnya.

Namun kata John, sebelum melakukan aksi mogok, pihaknya akan koordinasi terlebih dulu dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

“Kami bersikap karena guru-guru merasa didiskriminasi, bahkan ada yang sampai diberhentikan. Semua guru di lingkungan yayasan di Timika sekitar 15 yayasan di bawah forum ini sesungguhnya mendukung visi dan misi Bupati Mimika, namun harus melihat secara obyektif masalah pendidikan. Bupati yang sekarang maupun yang nanti terpilih pada Pilkada 27 Juni harus cermat sikapi masalah pendidikan, dengan menempatkan orang yang tepat selaku kepaa dinas pendidikan,” ujarnya.

Pasalnya, guru-guru di 42 sekolah dalam Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik (YPPK) yang terdaftar lebih 500 orang, yakni 265 guru honor, 200 guru PNS dan tujuh guru tetap yayasan yang disebar rdi wilayah pedalaman maupun pesisir sudah bersepakat melakukan aksi dari permasalahan pendidikan yang dihadapi kini. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.