Belkibolang di Timika Tidak Lagi Berlaku

TIMIKA, TimeX Pemasangan rambu-rambu lalu lintas Belkitibolang (Belok Kiri Tidak Boleh Langsung) di setiap adanya traffic light sesuai aturan undang-undang lalu lintas tidak lagi diberlakukan.

ATUR-Petugas Satlantas Polres Mimika saat mengarahkan pengendara terkait aturan Belkitibolang.

TIMIKA, TimeX

Pemasangan rambu-rambu lalu lintas Belkitibolang (Belok Kiri Tidak Boleh Langsung) di setiap adanya traffic light sesuai aturan undang-undang lalu lintas tidak lagi diberlakukan.

Larangan ini pun sudah mulai disosialisasikan oleh Satlantas Polres Mimika agar dipahami baik oleh pengendara kendaraan bermotor di wilayah setempat.

Adanya larang ini menurut Kasatlantas Polres Mimika AKP Indra Budi Wibowo, SIK sudah sejak lama, hanya saja belum banyak diketahui warga masyarakat, khususnya pengendara kendaraan bermotor di Mimika.

“Karena sudah ada ketentuan undang-undang sehingga kita sudah mulai terapkan,” kata AKP Indra Budi Wibowo SIK kepada wartawan di Mapolres Mimika mile 32, Kamis (25/1).

Menurut AKP Indra, berdasarkan PP 43 Tahun 1993 Belkilang (Belok Kiri Langsung) telah direvisi dengan dikeluarkanya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai ketentuan Pasal 112 ayat tiga.

Dalam ketentuan tersebut menyatakan, pada persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemberi isyarat lalu lintas, pengemudi kendaraan bermotor dilarang langsung belok kiri, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau isyarat lalu lintas,”  jelas Budi.

Dari adanya larangan tersebut, instansi terkait lainnya, yakni pihak LLAJR Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika diharapkan dapat bekerjasama.

“Saya akan koordinasikan dengan pihak Dishub terkait isyarat lalu lintas dari larangan belok kiri tidak boleh langsung. Kami juga harapkan isyarat larangan segera dipasang agar warga teredukasi dan mematuhi aturan lalu lintas,” harapnya.

Dengan mematuhi aturan lalu lintas, AKP Budi meyakini angka kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir.(aro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *