DPRD Rolling Anggota Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan

RAPAT– Suasana rapat pembahasan roling komisi dan alat kelengkapan dewan di Gedung DPRD Mimika, Selasa (24/1).
Foto : Kristina/TimeX

TIMIKA,TimeX

Anggota DPRD Mimika telah melakukan rolling komisi dan alat kelengkapan dewan dalam rapat badan musyawarah di Gedung DPRD Mimika, Selasa (24/1) yang dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRD Mimika, Yonas Magal dan Karel Gwijangge.

Pada rapat tersebut setiap fraksi mengusulkan nama-nama anggota dewan dalam alat kelengkapan dewan yakni Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Badan Kehormatan serta anggota Komisi A, B dan C.

Pertama Fraksi Bulan Bintang mengusulkan nama anggota Badan Musyawarah, Badan Anggaran dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah yakni Gerson Harlod Imbir, Theo Deikme, Viktor Kabey, Elias Mirip, dan Thadeus kwalik. Sementara untuk Badan Kehormatan diusulkan Gerson Harold Imbir.

Selain itu fraksi tersebut mengusulkan juga anggota Komisi A  Theo Deikme, Komisi B Gerson Harold Imbir dan Viktor Kabey serta Komisi C Elias Mirip.

Berikut Fraksi Kebangkitan Bangsa mengusulkan anggota Badan Musyawarah dan Badan Anggaran yaitu Karel Gwijangge, Hadiwiyono, H Asri Anjang, Yohannes Felix Helyanan dan  Matius Uwe Yanengga. Nama yang sama juga diusulkan dalam anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah, kecuali  Matius Uwe Yanengga dan Hadiwiyono. Untuk badan Kehormatan, Fraksi Kebangkitan Bangsa mengusulkan Matius Uwe Yanengga.

Selanjutnya Komisi A diusulkan Matius Uwe Yanengga, komisi B Yohanes Felix Helyanan dan komisi C Karel Gwijangge, H Muh Asri dan Hadiwiyono.

Selanjutnya Fraksi Amanant Hati Rakyat mengusulkan anggota Badan Musyawarah yakni Saleh Alhamid, Philipus Wakerkwa, Yelinus Mom, Elizer Ohee dan Kris Magai. Kemudian untuk badan Anggaran yaitu Yohanis Wantik, Philipus Wakerwa, Saleh Alhamid, Elizeer Ohee dan Yelinus Mom. Berikut Badan Pembentukan Peraturan Daerah diusulkan Philipus Wakerwa, Saleh Alhamid, Yohanis Wantik, Elieser Ohee dan Kris Magai. Selanjutnya Badan Kehormatan diusulkan Yelinus Mom. Sementara untuk anggota Komisi A diusulkan Saleh Alhamid, Elizer ohee, Komisi B, Yelinus Mom, Kris Magai, dan Komisi C, Philipus Wakerwa serta Yohanis Wantik

Sementara itu Fraksi Mimika Bersatu mengusulkan  anggota Badan Musyawarah, Robby K Omaleng, Antonius Kemong, Yohanis Tsunme, Roberth Waropea, Anus Jikwa dan George Deda. Anggota Badan Anggaran Aser Gobay, George Deda, Atimus Komagal, Yohanes Tsunme, Julius Kum, Elizabeth Tenawe. Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Antonius Kemong, Oktavianus Beanal, Anus Jikwa, George Deda, Elizabeth Tenawe, dan anggota Badan Kehormatan George Deda.

Untuk pemilihan ketua komisi rencananya dilakukan hari ini, Jumat (26/1) selanjutnya sore hari dilakukan rapat paripurna penetapan anggota alat kelengkapan dewan dan anggota komisi.

Sebelum diputuskan untuk dilakukan rolling komisi dan alat kelengkapan dewan ada beberapa anggota dewan yang menyatakan keberatan dengan roling tersebut karena masa jabatan belum sampai 2,5 tahun.

Seperti Ketua Komisi B Viktor Kabey yang mengatakan roling seharusnya belum dilakukan karena anggota dewan baru resmi menjabat sekitar satu tahun lebih, sehingga apabila dilakukan maka  DPRD sudah melanggar peraturan.

” Roling itu seharusnya dilakukan setelah kita menjabat dua setengah tahun, tapi kalau dihitung dari pelantikan kemarin kita masih 1 tahun lebih  jadi anggota DPRD,” jelasnya.

Sementara itu  Ketua Komisi C DPRD Mimika, Nurman Karupukaro mengatakan roling komisi harus dilaksanakan sesuai dengan tata tertib yang sudah dituangkan dalam buku tata tertib. “Saya siap digantikan asalkan rolling ini berjalan sesuai aturan,” ujar dia.  (a26)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.