Kelompok Tani Siporannu Panen Padi Perdana

PANEN PADI-Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Yohana Paliling foto bersama sejumlah petani dan anggota Kodim 1710/Mimika saat panen padi perdana di area persawahan Mapurujaya, Kelurahan Wania, Distrik Mimika Timur, Jumat (26/1).
Foto: Evan Soenarie/TimeX

TIMIKA,TimeX

Kelompok tani Siporannu binaan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika melakukan panen padi perdana di area persawahan Mapurujaya, Kelurahan Wania, Distrik Mimika Timur, Jumat (26/1).

Kegiatan panen padi itu dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika Yohana Paliling bersama anggota Kodim 1710/Mimika yang selama ini terlibat aktif mendampingi para petani, mulai saat penanaman bibit padi pada bulan Oktober tahun lalu hingga panen.

“Ini adalah program intensifikasi padi dan palawija di Kabupaten Mimika yang bersumber dari dana APBD Tahun 2017. Selain disini, kita juga punya kelompok tani di Muare, SP 5  sebanyak 2 kelompok dan SP 6 1 kelompok,” kata Yohana disela-sela kegiatan tersebut.

Dia menjelaskan  padi yang dipanen itu merupakan bibit beras merah yang didatangkan  dari Toraja untuk dikembangkan di Timika oleh Kelompok Tani Siporannu diatas sawah seluas 5 hektar.

“Kita bersyukur karena padi beras merah ini akhirnya bisa dipanen. Kita memang sedang coba mengembangkan bibit beras merah disini karena manfaatnya sangat banyak,” tuturnya.

Kedepan, lanjut dia pihaknya sedang berusaha agar kelompok tani Siporannu bisa melakukan panen sebanyak dua kali dalam setahun.

“Kita bisa bayangkan berapa banyak pasokan beras apabila semua kelompok tani panen dua kali setahun, karena  kita sudah punya lahan sawah sebanyak 6.200 hektar yang siap ditanami padi,” ungkapnya.

Sementara itu Pasiter Kodim 1710/Kodim Kapten Inf Rustam Pauwah mengatakan  selama ini pihaknya terlibat aktif dalam mendampingi para petani untuk mengembangkan sawah mereka.

“Babinsa kita selalu ada untuk mendampingi para petani, karena TNI sudah bekerjasama dengan Kementrian Pertanian untuk program peningkatan pangan,” imbuhnya. (zuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.