Kapolres Indra Imbau Warga Kwamki Narama Hentikan Konflik

TIMIKA, TimeX Fenomena konflik horisontal yang masih kerap terjadi tujuh tahun belakangan cukup menyita perhatian aparat keamanan dan elemen terkait lainnya.

Indra Hermawan (Foto : Dok/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Fenomena konflik horisontal yang masih kerap terjadi tujuh tahun belakangan cukup menyita perhatian aparat keamanan dan elemen terkait lainnya.

Menyikapi konflik yang dipicu berbagai permasalahan, misalnya kasus pembunuhan, KDRT, asusila dan lainnya yang hampit terjadi setiap tahun, mendapat perhatian khusus dari Kapolres Indra Hermawan.

Menggantikan AKBP Viktor Dean Mackbon, Kapolres Indra mengimbau warga Kwamki Narama untuk menyudahi dan menghentikan konflik yang dampaknya merugikan warga masyarakat setempat yang masih bertalian darah atau ada hubungan keluarga.

“Saya ajak masyarakat Kwamki Narama hentikan konflik-konflik horisontal. masyarakat setempat harus punya komitmen, karena sudah sering dilakukan penyelesaian adat untuk sudahi konflik. Intinya tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan,” ungkap Kapolres Indra kepada wartawan di Mapolres Mimika, Kamis (25/1) lalu.

ia pun mengajak warga masyarakat setempat, khususnya tokoh masyarakat, tokoh adat dan semua stakeholder di Distrik Kwamki Narama memikirkan masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dan daerah ini.

pasalnya, bila konflik berlarut maka anak-anak tidak bisa sekolah karena merasa terancam oleh situasi. Penyebab lainnya akses pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan maupun ekonomi pasti ikut terganggu.

Mantan Kapolres Tolikara ini pun meminta kepada warga yang bertikai agar tidak lagi menghalang-halangi fasilitas umum seperti jalan raya sehingga akses masyarakat tidak terganggu bdalam aktivitasnya.

“Saya mau katakan, kalau konflik terus tentu pembangunan tidak akan jalan,” tegas AKBP Indra.

Tridak hanya itu, untuk menyikapi situasi Kamtibmas khusus di Kwamki Narama, Kapolres Indra pun akan menggelar pertemuan bersama jajaran TNI, Pemda, DPRD Mimika dan tokoh masyarakat setempat agar konflik tidak lagi terjadi.

“Mari kita sama-sama berkomitmen untuk wujudkan damai di Kwamki Narama,” serunya. (aro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *