KPU Mimika Verifikasi Faktual DPC PKB

TIMIKA,TimeX Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika melakukan verifikasi faktual terhadap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mimika, sebagai syarat partai politik peserta Pemilu 2019.

FOTO BERSAMA- Tim Verifikasi KPU Mimika dan pengurus inti serta anggota DPC PKB Mimika foto bersama usai verifikasi faktual di Sekretariat DPC PKB Mimika, Selasa (30/1).Foto : Kristina/TimeX

TIMIKA,TimeX

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika melakukan verifikasi faktual terhadap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mimika, sebagai syarat partai politik peserta Pemilu 2019.

PKB merupakan parpol pertama yang didatangi KPU Mimika saat tahapan verifikasi dimulai.

Tim verifikasi KPU  sebanyak 4 orang  tiba pada pukul 11.00 WIB di sekretariat parpol tersebut,  Selasa (30/1).

Kehadiran tim verivikasi tanpa Komisioner KPU Mimika karena semuanya berhalangan. Mereka disambut oleh semua anggota dan pengurus inti DPC PKB Mimika.

“Kami ikut mandat dari Komisioner KPU Mimika Divisi Hukum Alfrets Petu untuk melakukan verifikasi faktual parpol PKB, sesuai dengan tahap yang sedang dijalankan seluruh kabupaten/kota di Indonesia,” kata Kasubag Teknis KPU, Ronny saat ditemui Timika eXpress di Sekretariat DPC PKB kemarin.

Ia menjelaskan verifikasi yang dilakukan yakni memeriksa kelengkapan partai sesuai dengan data sipol yang sudah dimasukan ke pusat.

“Jadi iedntitas dari pengurus inti harus sesuai dengan KTP, anggota partai harus sesuai dengan SK yang sudah dimasukan kedalam aplikasi. Termasuk letak kantor, alamat dan beberapa hal lain harus sesuai dengan data yang dimasukan dalam Sipol,” jelas  Roni.

Dia mengatakan keputusan parpol tersebut memenuhi syarat (MS) maupun belum memenuhi syarat (BMS) tidak bisa ditentukan saat itu, karena masih ada beberapa proses yang dilaksankan dan akan diumumkan secara serentak.

Terkait verifikasi parpol lainnya, lanjut dia masih menunggu konfirmasi dari parpol. “Kalau tidak ada konfirmasi dari parpol maka kami langsung ke sekretariat masing-masing parpol,” sebutnya.

Sementara itu Ketua DPC PKB Mimika, Hj Peggi Patrisia Pattipi mengatakan KPU Mimika telah melakukan verifikasi terhadap Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), Kartu Tanda Anggota (KTA), struktur ruangan kantor serta fasilitas yang ada di sekretariat parpol tersebut.

“Untuk DPP PKB Pusat sudah mendapat peringkat MS maka kami berharap DPC PKB Mimika pada tanggal 5 Februari mendatang mendapatkan status MS,” Ujarnya.

Terkait dengan persyaratan perwakilan wanita 30 persen, Peggi pengatakan untuk DPC PKB Mimika sudah memenuhi jumlah tersebut bahkan lebih.

“Salah satu mesin parpol adalah wanita, sehingga saya juga memperbanyak anggota kepengurusan perempuan karena saya ingin perempun juga berperan didunia politik,” pungkasnya. (a26)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.