Bassang Siap Pimpin Mimika

JAYAPURA, TimeX Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang dipastikan melanjutkan tongkat estafet untuk memimpin Mimika selama masa cuti petahana Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen.

Pemprov Papua Ajukan PLT Empat Kebupaten

JAYAPURA, TimeX

Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang dipastikan melanjutkan tongkat estafet untuk memimpin Mimika selama masa cuti petahana Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang kembali maju sebagai bakal calon bupati pada Pilkada 2018 di Mimika.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen di Jayapura, Selasa, (30/1).

Pasalnya Pemerintah Provinsi Papua telah mengajukan usulan nama pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua ke Kementerian Dalam Negeri yang akan dipersiapkan menjadi pelaksana tugas (Plt) pada empat kabupaten penyelenggara Pilkada serentak 2018.

Sekda Dosinaen mengatakan, dari tujuh kabupaten di Bumi Cenderawasih

yang mengikuti pemilihan kepala daerah serentak 2018, hanya Kabupaten Mimika, Deiyai dan Kabupaten Paniai yang tidak akan ditempatkan Plt bupati.

“Hal tersebut dikarenakan Wakil Bupati Mimika, Deiyai dan Paniai tidak maju di Pilkada Serentak 2018, dengan demikian, wakilnya akan

melanjutkan kepemimpinannya hingga akhir masa jabatan,” katanya.

Menurut Hery, keputusan resmi melalui radiogram gubernur telah diteruskan kepada wakil bupati untuk melanjutkan tugas bupati hingga akhir masa jabatannya.

“Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, Pemprov Papua sudah mengusulkan nama-nama calon plt bupati Kabupaten Mamberamo Tengah,

Puncak, Jayawijaya dan Biak Numfor kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” ujarnya.

Dia menjelaskan, setiap kabupaten terdapat tiga nama calon Plt, selanjutnya Kemendagri yang akan merekomendasikan siapa yang akan dipilih.

“Kami berharap, pada pertengahan Februari, Kemendagri sudah tetapkan nama plt untuk masing-masing kabupaten yang ikut Pilkada,” katanya.

Dia menambahkan, sesuai dengan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) penetapan calon peserta pemilu dilaksanakan pada 12 Februari 2018.

“Jadi kalau petahana bupati sebagai bakal calon dinyatakan lolos, maka wakil bupatinya siap melanjutkan estafet kepemimpinan daerah.

Termasuk empat daerah lain yang akan ditempatkan Plt bupati. (ant/vis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.