Kalapas Jamin Tidak Ada Lagi Tahanan Kabur

TIMIKA,TimeX

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Timika Marojahan Doloksaribu menjamin bahwa tidak akan ada lagi tahanan yang kabur dari ‘hotel prodeo’ seperti sebelum-sebelumnya.

“Sebelum saya menjabat kalapas masih banyak tahanan yang kabur dari lapas hal itu disebabkan kondisi pagar yang hanya empat meter dan jumlah pegawai yang minim. Akan tetapi, hal itu tidak akan lagi karena saat ini kita sudah membuat pagar anti pajat setinggi lima meter 60 sehingga tidak ada lagi tahanan yang lari,” jelas Marojahan Doloksaribu saat ditemui Timika eXpress di Kantor Imigrasi Kelas II B Tembagapura, Senin (29/1).

Marojahan mengakui pihaknya memang mengalami kekurangan fasilitas selain pegawai dan pagar serta tidak adanya pemasangan Closed Circuit Television (CCTV).

“Kita secara perlahan akan benahi lapas ini selain bangunan, tentunya pegawai yang ikut andil dalam kaburnya tahanan akan ditarik ke bagian staf, yang mana pegawai yang bersalah tersebut akan tetap bekerja di lapas namun tidak dapat bersentuhan langsung dengan tahanan,” jelasnya.

Marojahan sangat geram dengan adanya ulah keterlibatan oknum pegawai bekerjasama dengan tahanan. Namun ia pastikan semuanya sudah kembali normal dan mudah-mudahan tidak ada lagi yang melakukan hal itu.

Ia juga telah menarik kedua pegawai tersebut untuk tidak ditempatkan pada tugas penjagaan dan sekarang sementara menunggu kedatangan 25 pegawai baru yang sebelumnya telah dijanjikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi (Kemenkumham) Papua Abner Banosro untuk ditempatkan di Lapas kelas II B Timika.

Sesuai janji lanjut Marojahan ke 25 pegawai tersebut akan tiba pada Maret mendatang. Dengan adanya 25 pegawai ini tentunya dapat membantu kinerja di Lapas Timika.

“Sebenarnya dari pusat kita hanya dapat 10 pegawai saja, namun Kakanwil berjanji akan menambah tenaga pegawai sebanyak 25 pada Bulan Maret mendatang. Itu juga belum ideal namun sudah sangat membantu sehingga nantinya akan  ada khusus petugas pintu atau portir, petugas komandan jaga di blok tahanan, blok narapidana, blok securiti, blok tamping itu sudah ada yang jaga dan semua pos sudah terisi,” terangnya.

Lebih jauh  dijelaskan, pihaknya juga akan membagi waktu seperti dimulai pukul 08.00 WIT – 14.00 WIT, dari pukul 14.00-20.00 WIT dan terakhir dari pukul 20.00 WIT sampai 08.00 WIT. Setiap shift akan berbeda jumlah pegawainya sehingga hal tersebut dapat meminimalisir semua tahanan yang ada saat ini. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.