Petani SP7 Panen Padi Perdana

 

MULIA KENCANA,TimeX Sejumlah petani di Kampung Mulya Kencana SP7, Distrik Iwaka memanen pertama kalinya padi varietas Situ Bagendit, di lahan persawahan Kampung Mulya Kencana, Senin (5/2).

MEMANEN PADI-Sejumlah petani sedang memanen padi dilahan persawahan SP 6, Senin (5

MULIA KENCANA,TimeX

Sejumlah petani di Kampung Mulya Kencana SP7, Distrik Iwaka memanen pertama kalinya padi varietas Situ Bagendit, di lahan persawahan Kampung Mulya Kencana, Senin (5/2).

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika, Yohana Paliling yang hadir dalam kegiatan panen padi tersebut, mengatakan bahwa warga Kampung Mulya Kencana yang tergabung dalam kelompok tani Werene sangat antusias dalam mengembangkan sektor pertanian.

“Kita akan terus mendukung para petani untuk bisa berhasil dalam program penanaman padi hingga sampai pada masa panen. Kita juga akan bantu pengadaan pupuk serta mesin pengolah padi yang baru dipanen. Petani akan terus dimotivasi untuk mengembangkan sektor pertanian, sehingga beras yang diproduksi di Timika bisa dikonsumsi oleh warga sendiri. Karena itu program jangka panjang kami,” tuturnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa dari Kodim 1710 Mimika yang selama ini terus bekerja sama dengan para petani, mulai dari proses tanam, perawatan hingga sampai pada panen.

“Kita dari pusat memang sudah teken MoU dengan TNI AD untuk sama-sama bersinergi meningkatkan ketahanan pangan diseluruh wilayah NKRI,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Mulya Kencana SP7, Syamsul Bahri mengatakan bahwa keberhasilan sektor pertanian di SP7, tidak luput dari peran serta dukungan Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan yang selama ini telah berbuat banyak untuk kemajuan sektor pertanian warga.

“Tentunya ini adalah langkah awal untuk bisa mencapai target swa sembada pangan di Kabupaten Mimika. Hal itu bisa terwujud apabila semua sektor terkait bisa bersinergi, sehingga Kampung Mulya Kencana bisa menjadi lokasi pusat pengembangan sektor pertanian,” imbuhnya. (zuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *