Kesbangpol Tatap Muka dengan Forkopinda, Toga dan Tomas

TIMIKA, TimeX Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah, Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika menggelar tatap muka dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), tokoh agama dan tokoh masyarakat di ruang Kamora, Hotel Grand Tembaga, Minggu (4/2).

TATAP MUKA-Suasana kegiatan tatap muka antara Forkopinda, toga dan tomas yang digelar oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika di ruang Kamora, Hotel Grand Tembaga, Minggu (4/2).

TIMIKA, TimeX

Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah, Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika menggelar tatap muka dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), tokoh agama dan tokoh masyarakat di ruang Kamora, Hotel Grand Tembaga, Minggu (4/2).

Kegiatan itu mengusung tema ‘merawat Perbedaan, memperkuat persatuan demi kedamaian di Kabupaten Mimika’.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika, Petrus Lewa Koten saat ditemui Timika eXpress usai kegiatan menjelaskan, menjaga keamanaan selama pelaksanaan pilkada di Kabupaten Mimika merupakan tugas dan tanggungjawab semua pihak.

Sehingga dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meredam dan mencegah potensi kerawanan yang akan terjadi.

“Sesuai prediksi tingkat kerawanan Pilkada terbesar di Timika, oleh karena itu semua pihak harus bisa menepis prediksi itu dengan cara menetralisir segala kemungkinan yang mengakibatkan konflik. Kami juga berharap KPU bisa menjalankan pilkada ini dengan aturan yang berlaku,”harapnya.

Sementara Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Indarto, S.Sos menyarankan kepada seluruh masyarakat agar menentukan pilihannya yang benar. Sebab siapapun pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang terbaik.

“Kita sebagai aparat keamanan akan bersikap Netral,” ujarnya.

Menurut Dandim kekacauan yang sering terjadi dalam pilkada biasanya dipicu oleh provokator, untuk itu ia meminta agar pendukung setiap pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika tidak  menjadi provokator.

“Seluruh masyarakat Mimika harus berupaya menjaga keamanan selama pesta demokrasi. KPU juga harus bisa memegang teguh aturan tersebut,  agar pesta demokrasi itu bisa berjalan aman,” pesannya.

Sedangkan Ketua FKUB Kabupatem Mimika, Ignatius Adii mengatakan tokoh agama selalu mengimbau semua umat beragama agar menjaga kamtibmas.

“Kami juga selalu melaksanakan doa bersama sebulan sekali untuk kedamaian Pilkada,” tuturnya.

Dia berharap aparat keamanan menerapkan hukum positif bagi semua pelaku kejahatan di Mimika, menertibkan tempat penjualan miras, dan melakukan sweeping mobil gelap. “Intinya semua hal yang berpotensi mengganggu keamanan harus segera diatasi,” tuturnya.

Selanjutnya Ketua Foruk Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupate Mimika, Luky Mahakena berharap KPU Mimika mempunyai nilai integritas yang baik agar hajatan pilkada ini dapat berlangsung dengan aman dan damai.

“Intinya KPU harus bersikap jujur supaya Pilkada bisa jalan dengan aman,” ujar Luky. (tan)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.