SMK Petra Menjadi Contoh Penerapan UKK Soal Versi K13

TIMIKA,TimeX SMK Petra Timika dipilih menjadi sekolah percontohan penerapan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) versi Kurikulum 2013 (K13) untuk tingkat SMK se- Kabupaten Mimika

Albertus Alto Mangdare, SE

TIMIKA,TimeX

SMK Petra Timika dipilih menjadi sekolah percontohan penerapan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) versi Kurikulum 2013 (K13) untuk tingkat SMK se- Kabupaten Mimika.

“Kami terapkan K13 sudah lima tahun. Dalam kegiatan praktek menggunakan K13 ternyata perkembangan siswa lebih bagus,” ungkap Wakil Kepala Kurikulum SMK Petra, Albertus Alto Mangdare, SE saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Jumat (2/2).

Menurutnya, terpilihnya sekolah SMK Petra dalam penerapan UKK versi K13 dilihat berdasarkan manajemen sekolah yang baik, akses ke pusat lancar dan guru-guru lebih cepat tanggap dalam menerapkan materi K13.  Selain itu juga didukung dengan alat-alat praktek yang memadai.

Meskipun begitu, lanjut dia pihak sekolah tidak perlu merasa bangga secara berlebihan karena perjalanan dan perjuangan mendidik siswa-siswi di sekolah tersebut masih panjang.

Pihaknya juga tetap optimis sekolahnya dapat berkembang cepat karena Direktorat Pembinaa SMK selalu mendukung dengan memberikan bantuan alat-alat penunjang kompetensi, untuk jurusan manajemen perkantoran, akuntasi dan teknik jaringan komputer.

“Kami yakin dengan dukungan dari pemerintah pusat SMK Petra akan semakin baik ke depan,” tuturnya.

Alto mengatakan, proses penerapan KBM dengan K13 ini tidak berbeda jauh dengan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Hanya saja dalam penerapan K13 siswa-siswi harus lebih aktif dalam meningkatkan kompetensinya.

Materi ujiannya juga sebenarnya tidak terlalu jauh beda dari KTSP karena  mata pelajaran yang diberikan didukung dengan dasar bidang kealihan sampai paket kealihan.

“Rata-rata siswa-siswi kami belajar praktek sehingga untuk menuju ketingkat akhir sudah tidak sulit, karena sebelum siswa ikut ujian sudah melalui praktek sistim lapangan,” pungkasnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.