Harga Buah-buahan di Timika ‘Mencekik Leher’

 

TIMIKA,TimeX Harga berbagai jenis buah-buahan yang dijual di supermarket maupun di pinggir jalan memang ‘mencekik leher’ alias mahal.

JUAL – Ahmad pedagang buah di pinggir Jalan Cenderawasih sementara menyusun buah-buahan di atas tempat jualannya pada Selasa (6/2).

TIMIKA,TimeX

Harga berbagai jenis buah-buahan yang dijual di supermarket maupun di pinggir jalan memang ‘mencekik leher’ alias mahal. Walau mahal namun permintaan buah-buahan selalu tinggi setiap saat. Melambungnya harga buah rata-rata karena semua didatangkan dari luar Timika. Misalnya, Makassar, Merauke dan Jawa.

Ahmad, salah seorang pedagang buah di Jalan Cenderawasih menuturkan bahwa selama ini harga buah-buahan di Timika selalu mahal ia beralasan didatangkan dari luar Timika dikirim melalui jasa transportasi pesawat.

“Selama ini harga buah selalu mahal dijual di Timika karena kami datangkan dari Merauke dan dibawanya dengan pesawat. Karena kalau dengan kapal lama perjalanannya,” tutur Ahmad kepada Timika eXpress di tempat jualannya pada Selasa (6/2).

Ahmad mengatakan yang paling mahal buah naga, mangga dan melon. Sementara buah-buahan lainnya mahal tetapi tidak terlalu. Walaupun terbilang mahal harga buah-buahan miliknya masih diburu pembeli setiap harinya.

Sejauh ini lanjut Ahmad tidak ada keluhan dari pembeli terkait mahalnya harga buah. Ada beberapa jenis buah tertentu yang sering dicari pembeli seperti melon, semangka, pisang dan rambutan.

Ia mengaku selain alasan mahal lantas didatangkan dari luar faktor lain persediaan mulai kosong atau sudah tidak musimnya.

Saat ini saja tidak semua harga buah naik seperti buah rambutan dulu harganya bisa Rp60 ribu perkilo sekarang turun menjadi Rp45 perkilo. Untuk kalangan Timika itu harga masih terbilang murah. Sampai saat ini persediaan buah-buahan masih mencukupi memenuhi kebutuhan warga Timika hingga beberapa hari kedepan. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.