Akomodir Kegiatan OPD, Diskominfo Siapkan Server Induk

TIMIKA, TimeX Untuk menunjang seluruh kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbasih pembangunan E-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten  Mimika sejalan dengan era globalisasi perkembangan teknologi, maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menyiapkan server induk berbasis elektronik.

Dionisius Mameyao

TIMIKA, TimeX

Untuk menunjang seluruh kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbasih pembangunan E-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten  Mimika sejalan dengan era globalisasi perkembangan teknologi, maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menyiapkan server induk berbasis elektronik.

Sebagai penyelenggara daerah, Pemkab Mimika perlu berbenah dan merespon tuntutan masyarakat untuk menyediakan akses layanan birokrasi yang efektif dan efisien, diantaranya melalui inovasi pelayanan publik yang menjadi bagian akselerasi Mimika smart city.

“Jadi kami akan siapkan infrastruktur berupa server induk yang memiliki standar dan mendukung pelayanan pemerintahan berbasis elektronik sehingga mempermudah OPD dalam penyampaian informasi dan progres pembangunan”.

Demikian dikatakan Kepala Diskominfo Mimika, Dionisius Mameyau saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Selasa (6/2).

Menurut Dion kerap ia disapa, perkembangan teknologi yang semakin canggih diperlukan adanya inovasi-inovasi yang mampu membuat pekerjaan kita lebih efektif dan efisien juga tepat, akurat serta transparan.

“Nanti server induk akan kita pasang di Sentra Pemerintahan.

Nanti ada web portal OPD, aplikasi server, file sharing antar OPD, email server, DNS server, dan kewajiban bagi setiap OPD untuk memiliki web, domain dan subdomain. Dengan demikian seluruh kegiatan OPD bisa diakses masyarakat dalam mewujudkan Mimika smart city.

Pengadaan server, lanjut Dion sesuai dengan bidang pengelolaan informatika, yaitu menyiapkan sistem layanan budgeting, sistem pelaporan dan monitoring.

“Jadi  kalau kita bicara mengenai perencanaan anggaran, semua OPD sudah harus mempunyai perencanaan anggaran yang bisa tercover ke server induk,” ujarnya.

Pengadaan infrastruktur server ini pun sebagai syarat pencanangan Mimika smart city.

Dijelaskan pula, pengadaan server di tahun 2018 juga dimanfaatkan dalam pemeriksaan BPK untuk ditindaklanjuti OPD lingkup Pemkab Mimika .

“Nantinya hasil temuan BPK diakses melalui server dan ditindaklanjuti ke semua OPD,” tandasnya. (tan)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.