Kapal Pesiar Inggris Berlabuh di Pomako

TIMIKA, TimeX Sebuah kapal pesiar Inggris bernama La Familia berlabuh di perairan Pomako, Distrik Mimika Timur, Selasa pagi, setelah mengunjungi Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kapal pesiar La Famillia asal Inggris saat berlabuh di Pelabuhan Pomako.

TIMIKA, TimeX

Sebuah kapal pesiar Inggris bernama La Familia berlabuh di perairan Pomako, Distrik Mimika Timur, Selasa pagi, setelah mengunjungi Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kepala Kantor Imigrasi Klas IIB Tembagapura Jesaja Samuel Enock di Timika, Selasa, mengatakan kapal tersebut diawaki 14 orang yaitu 12 orang berkewarganegaraan Inggris dan dua orang masing-masing berkewarganegaraan Selandia Baru dan Filipina.
Adapun penumpang kapal tersebut sebanyak tujuh orang, enam orang di antaranya berkewarganegaraan Rusia dan seorang lainnya berkewarganegaraan Inggris.
“Kami sudah mengutus staf ke Pelabuhan Paumako untuk memeriksa semua dokumen keimigrasian awak kapal maupun wisatawan penumpang dari kapal tersebut,” kata Jesaja.
Kapal pesiar bertipe pleasure yacht diketahui memiliki panjang 47,18 meter, berasal dari George Town Inggris dengan nomor registrasi 38 tahun 2015.

Kapal ini juga diketahui memiliki lebar 9 meter, kedalaman 4,9 meter dan berbobot 671 grosstone (GT).
Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa kapal tersebut rencananya akan berlabuh di Paumako Timika hingga Kamis (8/2) dan akan bertolak ke Pelabuhan Benoa, Denpasar-Bali.
Ke tujuh wisatawan asal negara Cyprus,  Rusia dan Kanada yang menumpang kapal tersebut berencana melakukan perjalanan wisata ke Kabupaten Asmat dan Wamena menggunakan armada helikopter.

“Selama para wisatawan melakukan tur, semua awak kapal tetap tinggal di kapal. Hanya saja sebelum kegiatan tur wisata itu semua dokumen keimigrasian mereka lengkap, dan tetap dalam pengawasan pihak Imigrasi Kelas II Tembagapura,” kata Jesaja.

Hal senada juga dikatakan Kapolsek Pelabuhan Pomako Iptu Khoirul Umam, bahwa kapal pesiar mewah La Famillia akan bertolak ke Bali hari ini, Kamis (8/2) dari pelabuhan Pomako.

“Tujuan kedatangan kapal dengan memuat sejumlah wisatawan asing adalah hanya untuk tur di Papua, yaitu ke Asmat dan Wamena,” ujarnya singkat.

Sementara Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasie Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura, Wisnu Galih menambahkan, kapal pesiar asal Inggris ini sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Sorong.

“Kapal ini masuk ke wilayah perairan Indonesia melalui pelabuhan laut Benoa, Denpasar-Bali dengan izin kunjungan wisata dan tujuan wisata ke Bali-Sorong dan Asmat melalui Timika,”katanya.

Lanjutnya, beradasarkan informasi dari pihak Pelni selaku agen pelayaran, kapal pesiar tersebut akan berangkat hari ini, Kamis (8/2)

“Untuk hasil pemeriksaan dokumennya tidak ada masalah, hanya saja bagi setiap WNA yang akan melakukan kunjungan ke Indonesia setidaknya menginformasikan terlebih dahulu sehngga ada pengawasan,”kata  Wisnu. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *