Pleno Penetapan Cabup-Cawabup Mimika di Hotel Grand Allison

TIMIKA,TimeX

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Mimika pada Pilkada Serentak 2018 akan digelar di Hotel Grand Allison, Sentani-Jayapura, pukul 13.00 WIT siang ini.

Gelar rapat siang nanti akan dipimpin langsung Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal bersama empat komisioner lainnya, yakni Alfrets Petupetu, Yoe Luis Rumaikewi, Derek Motte dan Reinhard Gobay.

Selain itu akan dihadiri pula Komisioner Panwas Mimika, Toni L  Agapa dan Imelda Rosita Ohee.

Hadir pula perwakilan KPU Provinsi, termasuk para saksi dan juga pasangan bakal calon.

“Pleno hari ini kita pastikan tuntas karena sudah di skors lima hari, dan ini melewati ketentuan KPU RI yang seharusnya secara nasional dilaksanakan 12 Februari 2018 silam.

Kita skors dari tanggal 12 Februari ke tanggal 15 Februari dan skors lagi ke hari ini. Dari KPU Provinsi juga sudah tegaskan untuk segera di tuntaskan karena dari tujuh wilayah yang gelar Pilkada Serentak 2018, tinggal Timika yang belum tetapkan Cabup dan Cawabup”.

Demikian diungkapkan Komisioner Divisi Hukum, Alfrets Petu Petu kepada Timika eXpress via ponselnya, Sabtu (17/2).

Ia memastikan bahwa hasil penetapannya akan disampaikan kepada masyarakat Mimika secara transparan dengan melihat situasi dan kondisi dari eskalasi politik yang terjadi.

Alfrets pun memastikan hampir semua pasangan bakal calon dan saksinya sudah di Jayapura dan siap mengikuti pleno siang nanti.

Tujuh paslon Bupati-Wakil Bupati Mimika tersebut yaitu Hans Magal-Abdul Muis (HAM), Petrus Yanwarin-Alpius Edoway (Petraled), Maria Florida Kotorok-Yustus Way (Maryus), Philipus Wakerkwa-H Basri (PhilBas), Robert Waraopea-Albert Bolang (RnB), Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (MUSA).
Satu-satunya bakal paslon bupati-wakil bupati Mimika yang diusung oleh koalisi sembilan partai politik yaitu pasangan Eltinus Omaleng (petahana)-Johannes Rettob (OMTOB).

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan pasangan Petraled, Erick Welafubun secara terpisah membenarkan bahwa pleno penetapan dilaksanakan di Hotel Grand Alison, Sentani.

“Kami sudah dapat informasi dan undangan dari KPU Mimika bahwa pleno penetapan digelar jam satu siang ini (Pukul 13.00 WIT). Kami sudah di Jayapura,” terang Erick via ponselnya.

Dari undangan tersebut, lanjut Erick, instruksi dari KPU Mimika bahwa masing–masing pasangan bakal calon hanya diwakili oleh empat orang.

“Yang hadir sesuai undangan KPU adalah empat orang saksi ditambah dengan pasangan bakal calon,” jelasnya.

Untuk diketahui, rapat pleno terbuka terpaksa diundur dan dilaksanakan di Jayapura lantaran hasil perbaikan dukungan calon perseorangan tidak dapat diakses ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU mengingat kondisi jaringan internet di Kota Timika lumpuh total selama lebih sepekan, sejak Kamis (8/2).
Selain harus memasukkan data dari bakal calon peserta pilkada jalur perseorangan, pihaknya juga harus memasukkan data dari calon yang diusung partai. (a26)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.