Empat Paslon Tarik Nomor Urut

FOTO BERSAMA-Empat Paslon Pilkada Mimika foto bersama komisioner KPU Mimika usai penarikan dan penetapan nomor urut di Hotel Grand Allison, Sentani tadi malam.
Foto: Indri/TimeX

JAYAPURA, TimeX

Setelah resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika sebagai Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Pilkada Mimika 2018, Minggu (18/2), KPU lanjut dengan tahapan penarikan dan penetapan nomor urut, pada Senin (19/2).

Penarikan dan penetapan nomor urut mealui Rapat Pleno Terbuka Pencabutan Nomor Urut Cabup dan Cawabub Kabupaten Mimika Tahun 2018 yang dilaksanakan di Hotel Grand Allison, Sentani-Jayapura, Senin kemarin dipimpin langsung Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal.

Ketua KPU Ocepina saat itu didampingi empat komisioner KPU lainnya, yakni Alfrets Petupetu, Yoel Luis Rumaikewi, Derek Motte dan Reinhard Goobai.

Hadir pula anggota Panwaslu Mimika, Imelda Rosita Ohee bersama keempat pasangan calon dari jalur persorangan dengan didampingi tim suksesnya masing-masing.

Prosesi pengambilan nomor urut dipandu oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Mimika, Alfrets Petupetu.

Sebelum pasangan Cabup-Cawabup mengambil nomor urut, mereka terlebih dahulu mengambil nomor antrian.

“Jadi tidak langsung ambil nomor urut,” kata Alfrets kepada pasangan Cabup-Cawabup Mimika 2018-2023.

Pengambilan nomor antrian pun dilakukan secara acak, dimana pasangan Cabup-Cawabup Petrus Renawarin-Alphius Edoway dengan jargon Petraled) mendapat nomor antrian satu dan lebih dahulu mengambil bola dalam kotak yang disediakan.

Disusul pasangan Robertus Waropea-Albert Bolang (RnB) mendapatkan nomor antrian 4.

Yang mengambil nomor antrian dua adalah pasangan Hans Magal-Abdul Muis (HAM).

Sedangkan Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra (MUSA) mendapat nomor antrian 3.

Setelah itu, masing-masing Cabup-Cawabup berdasarkan nomor urut antrian diperkenankan mengambil nomor urut dengan memecahkan balon warna merah dari nomor antrean.

Pasangan Patraled dengan nomor antrian pertama meresmikan diri sebagai nomorf urut wahid setelah memecahkan balon.

Kemudian pasangan HAM di nomor antrian dua setelah memecahkan balon mendapati kertas bertulis nomor urut 4.

Selanjutnya pasangan MUSA dan RnB secara bersama-sama memecahkan balon, dan hasilnya paket MUSA menjadi nomor urut 3, sedangkan RnB  nomor urut 2 pada laga Pilkada Mimika 2018.

Setelah memastikan nomur urut pasangan Cabup-Cawabup Mimika 2018, KPU Mimika langsung membuatkan berita acara dan mengumumkan secara terbuka sebagai identitas masing-masing Paslon hingga pencoblosan nanti,” kata Theodora.

Usai pengambilan nomor urut dan penetapan, Ketua KPU kembali menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan yang terjadi.

Rapat pleno pengambilan dan penetapan nomor urut Paslon yang dijadwalkan pukul 18.00 WIT kemarin molor hingga pukul 21.00 WIT karena terbentur beberapa persiapan.

“Kami mohon maaf atas keterlambatan ini, namun kami harapkan semua pasangan tetap semangat mengikuti tahapan selanjutnya sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya. (a26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.