100 Lebih Koperasi akan Ditutup

Foto: Evan Soenarie/TimeX
Ida Sri Wahyuni

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 100 lebih koperasi di Kabupaten Mimika akan ditutup karena sudah tidak pernah melakasanakan rapat anggota tahunan (RAT).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif  Kabupaten Mimika, Ida Sri Wahyuni saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya baru-baru ini.

Menurutnya RAT merupakan agenda yang wajib dilakukan setiap badan usaha koperasi.

“karena didalam RAT akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. Jadi 100 lebih koperasi yang selama ini tidak pernah lakukan RAT saya pastikan akan ditutup ” terang Ida.

Pihaknya juga berencana mengevaluasi kepengurusan 499 koperasi yang resmi terdaftar. Hal ini dilakukan untuk bisa mewujudkan koperasi yang bisa  memberi dampak positif bagi anggotanya maupun lingkungan sekitar.

“Kami perlu lakukan evaluasi karena koperasi yang terdaftar sangat banyak namun ternyata banyak yang tidak aktif,” ujar Ida.

Ia mengatakan akan mengutus pegawai dan penyuluh untuk melakukan evaluasi kesetiap koperasi yang ada. Apabila ditemukan koperasi tidak berfungsi baik maka akan diberi teguran.

“Saya dapat informasi ada koperasi yang jalan tapi untuk kepentingan dirinya sendiri. Hal-hal seperti inilah yang akan kita tertibkan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan sejumlah koperasi selama ini berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku seperti koperasi milik Brigif 20/IJK, Yayasan Caritas Timika Papua, dan Kokarfi.

“Tahun ini sudah ada 100 lebih koperasi yang  sudah lakukan RAT dan mereka berjalan sesuai aturan,” kata dia.

Sementara untuk rencana pengaktifan koperasi milik ASN dilingkup Pemkab Mimika, pihaknya akan berkoordinasi dengan Sekda Mimika mengenai mekanisme pengaktifan koperasi tersebut.

“Koperasi milik pegawai negeri itu berhenti karena tidak laksanakan RAT. Ini yang akan kita dorong supaya bisa aktif kembali,” imbuhnya. (zuk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.