Tuntaskan Coklit KPU Mimika Fokus Sidali

  • DPS Dikeluarkan Tanggal 4 Maret

Alfrets Petu Petu
Foto : Kristina/TimeX

TIMIKA,TimeX

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) telah menuntaskan pemutakhiran data pemilih melalui Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terakhir  hasil sinkronisasi dengan Daftar Pemilih Potensiap Pemilu (DP4) dari Kemendagri.

Coklit ke rumah warga secata door to door selama sebulan sejak 20 Januari 2018 hingga 18 Februari sebagai dasar acuan Daftar Pemilih Tetap pada Pilkada Serentak 2018.

Setelah menntaskan proses coklit secara terjadwal, Komisioner Divisi Hukum KPU Mimika, Alfrets Petupetu mengatakan, saat ini pihaknya mengumpulkan data Coklit dari setiap 18 distrik di Kabupaten Mimika, yang kemudian akan diolah ke Sistim Informasi Daftar Pemilih (Sidali).

Sidali terkoneksi langsung dengan sistim informasi kependudukan sehingga proses untuk keluarnya Daftar Pemilihan Sementara (DPS) baru dipastikan keluar tanggal 4 Maret mendatang,” jelas Alfrets.

“Kalau sudah diinput ke Sidali, hasilnya baru akan dilihat sebagai DPS, setelahnya diplenokan dan dikembalikan lagi ke PPD secara berjenjang ke PPS dan PPS akan tampilkan disetiap kelurahan maupun kampung. Ini dimaksudkan agar warga yang terdata dan terdaftar saat Coklit bisa menginformasikan ke PPS untuk ditindaklanjuti PPDP,” jelasnya.

Secara khusus bagi masyarakat yang belum atau tidak memiliki KTP maupun Surat Keterangan (Suket) dari Dispencapil diimbau segera mengurus sehingga bisa menggunakan hak pilih pada saat Pilkada 27 Juni nanti.

Meski belum memastikan jumlah DPS, namun Alfrets menyatakan DPS nanti bisa lebih bahkan kurang dari DP4.

“Kalau pun lebih dipastikan karena banyak pemilih pemula yang didaftarkan,”tambahnya.

Adapun pemilih pemula yang belum mengantongi KTP, dan baru berumur 17 tahun saat pemilihan, maka wajib didaftarkan sebagai peserta pemilih baru.

“Peserta pemilih macam ini akan dicocokan dengan kartu keluarga yang nantinya dijadikan bukti pemilih bisa menggunakan hak pilihnya. Untuk itu PPDP harus bekerja sama dengan pihak Kelurahan, RT maupun RW untuk pastikan peserta pemilih,” imbuhnya. (a26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.