Pramuka Mimika Peringati HUT Baden Powell ke-161

  • Juga Digelar Pesta Siaga Pramuka Kwarcab 2608

SERAHKAN-Sekda Mimika, Ausilius You menyerahkan piagam dan penyamatan tanda peserta Pramuka Kwarcab 2608 usai upacara HUT Boden Powell ke-161.
Foto: Rina/TimeX

 

TIMIKA, TimeX

Gerakan Pramuka yang tergabung dalam Kwartir Cabang (Kwarcab) 2608 Oro Doro Enakwa Kabupaten Mimika menggelar apel besar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Baden Powell atau yang dikenal dengan julukan Bapak Pandu Sedunia ke-161, tahun 2018.

Apel besar yang diikuti dengan pesta siaga yang diikuti 69 Gugus Depan (Gudep) Pramuka Mimika, mulai tingkatan SD,SMP, dan Ambalan tingkat SMA se-Mimika, termasuk empat Satuan Karya (Saka) yaitu,   Saka Bahari, Dirgantara, Wirakartika dan Saka Bhayangkara, ini dilangsungkan di SD YPPK Seminari Santo Yohanis Pembaptis SP3, Distrik Kuala Kencana, Kamis (22/2).

Apel besar yang dipimpin Sekda Mimika, Ausilius You, S.Pd. MM. MH selaku Pembina Upacara, dihadiri pula Pasiter Kodim 1710/Mimika Kapten Inf. Rustam Pauwah, Kasat Sabhara Iptu Mathius T Ate, Ketua Kwarcab 2608 Mimika, Frits J Erari, dan juga Pengurus Kwarcab 2608 Mimika, dan pengurus Kwatir Ranting (Kwaran) Mimika.

Sekda You dalam arahannya mengimbau kepada gerakan Pramuka untuk mantapkan solidaritas sebagai organisasi pembentuk generasi muda Kota Mimika.

“Seluruh anggota gerakan Pramuka agar melihat sesuatu hal dari sisi positif agar kedepan bisa mendapatkan kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain. Ini jadi tuntutan dalam regenerasi organisasi. Karena melihat hal yang benar dan menggunakan waktu sebaik mungkin, pastinya memperoleh kebahagiaan dan membahagiakan orang lain,” kata Sekda.

Ia pun berharap generasi muda di Kota Mimika khususnya anak-anak sekolah untuk mendapatakan pembinaan kepramukaan sehingga menjadi karakter anak bangsa dan harapan keluarga.

Sebagaimana janji satya Pramuka harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat secara beriman sebagai anugerah Tuhan kepada setiap individu.

Termasuk kepada anggota Pramuka yang akan melaksanakan pesta siaga sebagai bentuk pembinaan karakter, kepribadian guna memupuk rasa persatuan dan persaudaraan, kiranya membangun komunikasi yang baik antara pramuka dan masyarakat.

“Melalui pesta siaga kita wujudkan persaudaraan untuk membina dan memupuk rasa kekeluargaan. Dengan harapan anggota Pramuka kelas menjadi pribadi yang berakhlak mulia, berbudipekerti, rajin, terampil dan disiplin ditengah perkembangan jaman yang semakin kompleks,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Sekda Mimika didaulat menyematkan tanda peserta dan piagam kepada perwakilan peserta pesta siaga Pramuka Kwarcab 2608. (tan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *