Jaringan Internet Timika Kembali Terganggu

 

  • Mulai Tanggal 25 Februari Hingga 5 Maret 2018

Lonely Baringin
Foto: Istimewa

TIMIKA, TimeX

Layanan internet untuk akses 3G dan 4G, termasuk layanan internet di rumah-rumah warga, tempat usaha, perkantoran melalui jaringan kabel optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) milik PT Telkom Indonesia dipastikan kembali terganggu selama sepekan ke depan.

Terganggunya layanan berbagai produk komunikasi ini mulai, Minggu tanggal 25 Februari hingga 1 Maret 2018.

Ganguan terus berlanjut pada tanggal 3-5 Maret mendatang dikarenakan pihak Telkom akan melakukan perbaikan perangkat dan penyambungan kabel optik dari jairngan SMPCS jalur selatan.

Selain internet, beberapa layanan yang juga berpengaruh selama perbaikan kabel dilakukan adalah layanan telepon seluler Telkomsel, SMS dan 2G yang tersedia, namun dalam mode terdegradasi karena hanya melalui koneksi satelit cadangan.

General Manager Telkom Witel Papua Lonely Baringin melalui press release yang diterima Timika eXpress, Jumat (23/2), mengatakan,  dengan dilakukan recovety jaringan fiber optik SMPCS, maka mengakibatkan layanan produk komunikasi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk yakni Telkom dan Telokomsel di Timika, Merauke, Nabire dan Kaimana tidak berjalan optimal.

“Kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh seluruh pelanggan setia kami selama proses recovery berlangsung,” kata Baringin.

Layanan telekomunikasi di wilayah Papua saat ini hampir seluruhnya memanfaatkan jaringan fiber optik PT Telkom yang juga mensuplay jaringan PT Telkomsel.

Sementara Manager Corporate Communications  Telkomsel Area Pamasuka, Rina D Noviani, dalam releasenya yang diterima Timika eXpress, Jumat kemarin, juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman akibat perbaikan perangkat dan penyambungan kabel laut SMPSC jalur Selatan.

“Proses recovery ini mengakibatkan kurang optimalnya layanan data bagi pelanggan Telkomsel di wilayah Timika, Merauke, Nabire, dan Kaimana .

“Perlu kami sampaikan bahwa pelanggan tetap dapat menikmati layanan suara dan SMS secara normal dengan jaringan 2G. Kami berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel. Untuk memberikan pelayanan terkait segala kebutuhan dan permasalahan pelanggan, Telkomsel  menyediakan layanan GraPARI dan Call Center 188,” tandasnya.

Termasuk pengguna jaringan Telkom dan Telkomsel terbesar di wilayah Mimika yakni PT Freeport Indonesia juga telah mengeluarkan pemberitahuan perihal gangguan jaringan tersebut.

Manajemen PT Freeport Indonesia menyatakan koneksi jaringan bisnis internet mereka akan sangat terdegradasi atau bahkan tidak akan tersedia selama proses tersebut.

Gangguan telekomunikasi sebelumnya juga terjadi kurang lebih sepekan sejak 8 Februari lalu, dimana kerusakan pada fiber optik  terjadi di Sorong yang juga berdampak terjadinya gangunan jaringan internet di Timika dan lima wilayah lain di Papua. (san)

 

1 Comment

  1. Eky

    16 April 2018 at 4:35 AM

    Telkomsel harus ganti rugi dong..paket data belum habis eh malah hangus karena pembatasan waktu yang telah di tentukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.