Matheus: Uji Forensik Tidak Cukup Tiga Hari

Sementara itu, Kuasa Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Matheus Mamun Sare, SH kembali menegaskan bahwa untuk melakukan uji Labfor terhadap ijazah Eltinus Omaleng tidak cukup tiga hari, melainkan butuh waktu lama

Matheus Mamun Sare

Sementara itu, Kuasa Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Matheus Mamun Sare, SH kembali menegaskan bahwa untuk melakukan uji Labfor terhadap ijazah Eltinus Omaleng tidak cukup tiga hari, melainkan butuh waktu lama.

“Verifikasi ijazah tidak bisa hanya tiga hari, butuh waktu cukup lama,” kata Matheus kepada wartawan di bilangan Ki Hajar Dewantara, Selasa (6/3).

Menurut pemahaman bahasa hukum dari putusan Panwas, yang dimaksud dengan tiga hari sesudah putusan adalah KPU sudah harus tindaklanjuti sesuai yang diperintahkan.

“Jadi waktu tiga hari ini bukan limit waktu kita selesaikan uji forensik, tetapi dalam waktu tiga hari perintah Panwas sudah harus ditindaklanjuti KPU Mimika. Kalau selama tiga hari kami diamkan dan tidak menindaklanjuti berarti kami tidak menaati hukum,” jelasnya.

Matheus mengatakan, rencana uji labfor akan dilakukan di Labfor Mabes Polri Cabang Makassar karena Labfor belum ada di Papua.

“KPU akan koordinasikan dengan instansi terkait dan prosesnya sudah dilakukan sejak tadi malam (kemarin malam-red) usai sidang putusan, dan secepatnya diharapkan hasil uji forensik keluar” harapnya.

Adapun persiapan dan langkah selanjutnya dari perintah putusan Panwaslu, pihak KPU akan melaksankan pleno tertutup dan bersfat intern.

“Di dalam peraturan sudah ditetapkan bahwa KPU harus mengikuti semua yang di perintahkan Panwaslu terkait sengketa Pilkada, soal Panwas atau Bawaslu Provinsi, apapun  keputusanya akan ditindaklanjuti,” ujarnya dengan belum memastikan lama waktu proses uji labfor, dan juga para pihak yang melakukannya.

“Hasilnya pasti akan disampaikan secara terbuka dari ketiga bakal calon Pilkada Mimika 2018,” imbuhnya. (a26)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.