Pemkab Mimika Rekrut CPNS 2018                 

TIMIKA,TimeX Pemerintah Kabupaten Mimika memastikan rekrutmen atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun 2018. Informasi ini tentunya menjawab kerinduan masyarakat asli Mimika maupun pendatang yang hendak mengadu nasib di tanah Amungsa, sebab dengan adanya moratorium Pemerintah Pusat, Pemkab Mimika sejak 2014 silam tidak melakukan rekrutmen CPNS.

Lowongan CPNS Mimika dibuka di Tahun 2018 ini.

TIMIKA,TimeX

Pemerintah Kabupaten Mimika memastikan rekrutmen atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi tahun 2018.

Informasi ini tentunya menjawab kerinduan masyarakat asli Mimika maupun pendatang yang hendak mengadu nasib di tanah Amungsa, sebab dengan adanya moratorium Pemerintah Pusat, Pemkab Mimika sejak 2014 silam tidak melakukan rekrutmen CPNS.

Terakhir rekrutmen CPNS di Kabupaten Mimika tahun 2013.

Alasan utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika tetap membuka CPNS 2018 lantaran masih kekurangan PNS dan banyaknya PNS yang pensiun tiap tahunnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mimika, Paskalis Kirwelakubun kepada Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (12/3), mengatakan, pembukaan pengumuman penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Mimika dijadwalkan sekitar Bulan Oktober 2018 nanti.

Karena memang selama ini menurut Paskalis, penerimaan CPNS biasanya dibuka sekitar Bulan September, Oktober atau November setiap tahunnya.
“Untuk formasi yang akan dibuka Pemkab Mimika untuk CPNS 2018 adalah seperti tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan tenaga penyuluh yang mendukung pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

Adapun tata cara pendaftaran formasi CPNS 2018 Kabupaten Mimika masih seperti biasanya, yaitu melakukan pendaftaran CPNS secara online melalui situs www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id. Atau nanti pendaftaran langsung melalui panitia Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Mimika.

Lebih lanjut, mantan Kadistrik Mimika Timur menjelaskan bahwa rekrutmen formasi CPNS Kabupaten Mimika tahun ini berdasarkan surat resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Kemenpan-RB) Nomor B/750/M. SM.01.00/2017 tertanggal 31 Desember 2017.

“Perihal suratnya adalah penyampaian kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2018,” tambahnya.

Namun, menurut Paskalis, mengenai kouta CPNS untuk Kabupaten Mimika belum dipastikan lantaran harus melalui analisis jabatan dan beban kerja, dimana kebutuhan  PNS kini Aparatur Sipil Negara (ASN) akan ditetapkan oleh  Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi pemerintah.

“Nanti panitia penerima pegawai akan melihat apakah rasio belanja pegawai di bawah 50 persen atau diatas 50 persen. Kalau diatas 50 persen, maka  tidak ada rekrutmen CPNS,” tegas Paskalis.

Adapun dasar usulan perkabupaten terkait kuota akan ditindaklanjuti ke provinsi, dan secara berjenjang dari kuota yang ditetapkan akan diteruskan ke Kemenpan-RB.

“Jadi soal disetujui berapa kouta CPNS Mimika 2018 nanti, kita belum bisa pastikan,”jelasnya.

Menurutnya, usulan rekrutmen CPNS selain karena alasan kekurangan ASN di Mimika, juga harus disertakan data estimasinya  jumlah pegawai yang pensiun terhitung dari tahun  2014 pascamoratorium CPNS.

“Kita harus punya data jumlah pegawai yang sudah pensiun, karena ada yang pesiun otomatis maupun ada pensiunan janda atau duda karena suami atau istri PNS sudah meninggal,”ungkapnya menambahkan bahwa rekrutmen CPNS tahun ini berlaku di seluruh Indonesia. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.