PKB Mimika Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg

TIMIKA, TimeX Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB) Kabupaten Mimika Resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Pendaftaran Bacaleg jelang Pemilu legislatif 2019 ini diselenggarakan oleh Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Kabupaten Mimika di Sekretariat Panitia, Lapak Nusantara (depan PT Petrosea), bilangan Cenderawasih, Selasa (13/3).

DAFTAR-Salah satu Bacaleg putra asli Papua saat mendaftarkan diri ke Panitia LPP PKB Mimika di Sekretariat Panitia di Lapak Nusantara, bilangan Cenderawasih, Selasa kemarin.

Target Kursi di DPRP Papua dari Dapil 3 Mimika

TIMIKA, TimeX

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB) Kabupaten Mimika Resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

Pendaftaran Bacaleg jelang Pemilu legislatif 2019 ini diselenggarakan oleh Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Kabupaten Mimika di Sekretariat Panitia, Lapak Nusantara (depan PT Petrosea), bilangan Cenderawasih, Selasa (13/3).

Peluncuran pendaftaran Bacaleg 2019-2024 ini mulia tingkat DPRD,DPD hingga DPR RI, dan terbuka untuk umum, tidak hanya kader partai.

Pembukaan pendaftaran Bacaleg mulai tanggal 12 Maret berlangsung hingga 10 April 2018.

“Waktu pendaftaran  kami buka mulai jam 09.00 WIT sampai 16.00 WIT. Ini untuk semua kalangan, mulai profesional, pengusaha, wiraswasta  yang ingin mencalonkan diri sebagai caleg pada Pemilu 2019 silahkan”.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Pemengan Pemilu PKB, Dra Hj. Djamila Tjapi, MSi kepada Timika eXpress di sekretariat pendfataran, Selasa kemarin.

Djamila Tjapi yang juga Ketia I DPC PKB Mimika mengaku ditunjuk sebagai Ketua LPP berdasarkan Surat Keputusan (SK).

Kata Djamila, proses pendaftaran Bacaleg dilaksanakan di dua tempat yakni di Kantor Sekretariat Panitia di Lapak Nusantara dan Sekretariat PKB di Poros SP V.

Katanya, peserta yang mendaftar sebagai Bacaleg merupakan Daftar Calon Sementara (DCS).

Adapun kuota pencalonannya, seperti  halnya partai lainnya, khusus kader PKB 50 persen, NU 30 persen dan profesionalisme diakomodir 20 persen.

“Kami dari LPP Mimika lakukan sesuai ketentuan. Untuk kedepannya, saya optimis melampaui target dan lebih baik dari periode sebelumnya. Apalagi sekarang ini banyak partai baru bermunculan. Targetnya ada perwakilan DPRD Papua dari Dapil 3 Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Selanjutnya, Sekretaris LPP PKB, Absir Budi Hamzah,SE berharap  Bacaleg yang telah mendaftar dapat mengembalikan formulir sebelum tanggal 10 April sebagai batas akhir pendaftaran.

“Kami harapkan para Bacaleg melengkapi semua persyaratan yang diberikan panitia LPP Mimika,” tandasnya.

Sementara Sekretaris  DPC PKB, Syarief Lasoro S.Kom menambahkan, sesuai instruksi DPP Pusat dan Dewan Perwakilan Wilayah PKB, bahwa PKB sudah mengikuti tahapan secara nasional untuk rekrutmen calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua dan DPR RI sejak Senin (12/3) lalu.

Dengan demikina DPC PKB Mimika telah merespon dengan membuka pendaftaran yang sedang berlangsung dengan merujuk keputusan DPP (Dewan Perwakilan Pusat) PKB.

“Proses pendaftaran Bacaleg ini kita lakukan secara berjenjang mulai dari tingklat pusat hingga kabupaten/kota. Khusus untuk DPRD Kabupaten Mimika pendaftarannya diterima langsung oleh pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Mimika melalui Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP),” jelasnya.

Ia pun berharap dengan kuota Bacaleg yang telah ditetapkan, putra-putri terbaik Papua yang ingin membawa aspirasi konstituennya menjadi seorang legislator, silahkan mendaftarkan diri.

“Untuk rekrutmen Bacaleg dari PKB secara nasional memprioritaskan Caleg yang berdomisili di daerahnya masing-masing. Dan untuk Caleg DPRD harus akomodir 30  persen perempuan,” tambahnya.

Ia pun mengimbau kepada suluruh tokoh agama, adat dan masyarakat termasuk ketua-ketua paguyuban yang tertarik silahkan mendaftar.

Usai pendaftaran, akan dilanjutkan dengan seleksi berkas Bacaleg yang kemudian disetor ke KPU sebagai Daftar Calon Sementara,”ujarnya

Dengan demikian, usai Pilkada, yakni Bulan Juli tinggal menunggu sosialisasi terkait proses rekrutmen anggota DPRD Mimika, Provinsi maupun DPR RI dari KPU setempat. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.