Dua Bulan Pencaker Meroket 1.858 Orang

Martina Amarairu
Foto : Shanty/TimeX

TIMIKA,TimeX

Jumlah pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Mimika terus meroket. Dalam kurun waktu dua bulan saja sejak Januari dan Februai 2018, jumlah pencaker mencapai 1.858 orang.

Hal ini diketahui dari jumlah warga Timika yang mengurus kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Kabupaten Mimika.

“Jadi setiap hari kami layani bisa sampai 100 orang yang mengurus kartu kuning sebagai syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan,” ungkap Kepala Seksi  Informasi Pasar Kerja Disnakertrans Kabupaten Mimika, Martina Amarairu saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya baru-baru ini.

Ia memperkirakan pengurusan kartu kuning di Bulan Maret ini meningkat karena ada lowongan pekerjaan yang dibuka PT. Struktufindo.

“Dalam pertengahan bulan ini saja sudah banyak sekali warga yang urus kartu kuning, tapi saya belum bisa pastikan jumlahnya karena baru bisa direkap setelah akhir bulan ini,” kata dia.

Martina mengatakan pihaknya kesulitan membuat data terkait berkurangnya pencaker, karena pencaker yang sudah diterima kerja atau perusahaan yang sudah menerima tenaga kerja tidak melaporkan ke Disnakertrans.

“Seharusnya perusahaan yang merekrut tenaga kerja dan pencaker yang sudah menjadi tenaga kerja bisa melapor ke kami agar bisa mengurangi angka pencari kerja di Mimika,” tuturnya.

Dia menambahkan ketersediaan blangko kartu kuning secara manual ini masih banyak sehingga tidak ada hambatan dalam pelayanan. “Ketersediaan blangko masih aman saya pastikan tidak akan ada kekosongan,” pungkasnya. (san)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *