Baru 136 Pemilih Pemula Memiliki e-KTP

John Wicklif Tegai
Foto : Shanty/TimeX

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 136 e-KTP yang siap dicetak dan diberikan kepada pemilih pemula di SMA Negeri I yang telah melakukan perekaman pada Senin (12/3) lalu.

Sementara, untuk sekolah lain yang juga sudah melakukan perekaman seperti SMK Don Bosco, SMK Negeri 3 Kesehatan dan SMK Tunas Bangsa masih dalam proses pembuatan e-KTP.

“Yang sudah siap diserahkan sekarang itu 136 e-KTP untuk siswa-siswi SMA Negeri I. Perekaman ini dilakukan langsung oleh petugas Dispencapil dengan mendatangi sekolah SMA dan SMK yang ada di Mimika,” ungkap Kepala Dispencapil Kabupaten Mimika John Wicklif Tegai saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Rabu (14/3).

John mengatakan, pihaknya melakukan perekaman kepada pemilih pemula yaitu siswa-siswi SMA dan SMK di Mimika, agar mempermudah mereka dalam mendapatkan nomor induk kependudukan (NIK. Seba NIK merupakan syarat untuk menggunakan hak pilih pada pilkada 2018 tanggal 27 Juni mendatang.

Perekaman  data pemilih pemula ini, lanjut dia bagi siswa-siswi yang telah berusia 17 tahun, namun jika ada siswa yang satu minggu kedepan baru berusia 17 tahunpun bisa melakukan perekaman asalkan melapor ke Dispencapil.

“Dalam data yang kami rekap ada sekitar 46 sekolah SMA dan SMK yang akan kami datangi untuk melakukan perekaman kepada pemilih pemula. Minimal dua sekolah kita layani dalam satu hari. Kalau jumlah siswa sedikit maka kita bisa lakukan empat sekolah dalam satu hari. Kita targetkan Bulan Mei sudah selesai perekaman untuk pemilih pemula, supaya bisa dilakukan perekapan data termasuk verifikasi daftar pemilih tetap (DPT),”tutur John.

Besok (hari ini-red), kata John pihaknya melakukan perekaman data pemilih pemula di SMA Taruna, SMA Alfalah, SMA Santa Maria, SMA Negeri 6 dab SMA Tiga Raja.

Sementara itu untuk ferivikasi DPT, pihaknya akan meyurati ke sejumlah lembaga keagamaan untuk meminta data kematian dari umat agar mengurangi DPT.

“Kami juga akan mendatangi lembaga TNI Polri untuk mendata anggota baru dan anggota yang pensiun,”pungkasnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.