Disnak Cegah Penyakit Ternak dengan Vaksinasi Rutin

Yosefin Sampelino
Foto : Shanty/TimeX

TIMIKA,TimeX

Dalam rangka mencegah terjangkitnya penyakit ternak, Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Mimika melakukan vaksinasi hewan ternak secara rutin.

“Selama ini kami rutin salurkan vaksin untuk peternak babi dan ayam nanti mereka yang memberikan vaksin kepada hewan ternak,” ungkap Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Mimika Yosefin Sampelino saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (12/3).

Menurutnya, peternak sudah mengetahui betul jadwal dan cara memberikan vaksin pada hewan ternak. Mereka sangat telaten melakukannya untuk menghindari kerugian dalam usaha peternakan. “Para peternak ini sudah tahu setiap berapa kali harus beri vaksin dan vitamin karena mereka tidak mau rugi,” ujar Yosefin.

Dia mengatakan dengan memberikan vaksin dan vitamin secara rutin usaha ternak babi dan ayam di Mimika berkembang dengan sangat baik, sehingga tidak perlu lagi memasok babi dan terlur dari luar.

Usaha peternak ayam petelur yang dilakukan warga juga, sudah berjalan normal karena PT Freeport Indonesia sudah mengambil telur lokal. Sebelumnya Timika pernah berkelimpahan telur ayam sehingga peternak ayam petelur merugi.

“Sekarang  telur ayam di Timika tidak berlebihan lagi karena Frepoort  sudah ambil telur lokal,” tuturnya.

Dia menambahkan untuk komoditi ternak sapi sebenarnya sangat berpotensi dikembangkan di Mimika, hanya saja yang menjadi kendalanya yaitu modal untuk mendatangkan bibit sapi sangat mahal. “Bibit sapi tidak bisa masuk jika belum berusia 2 tahun jadi harus butuh modal besar untuk mendatangkannya,” kata Yosefin.

Sehingga pengembangan usaha ternak sapi di Mimika, kata dia sampai saat ini belum dilakukan secara maksimal. Padahal banyak lahan di daerah satuan pemukiman (SP) bisa manfaatkan untuk usaha ternak sapi.

“Biasanya hewan sapi banyak dibeli pada hari raya qurban, jadi belum jadi usaha yang menjanjikan seperti ternak ayam petelur, ayam pedaging dan ternak babi,” pungkasnya. (san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.