Mantan Kadispenmen Dituding Tidak Bertanggungjawab

Marthen Mallisa
Foto: Dok/TimeX

TIMIKA,TimeX

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika menuding mantan Kepala Dinas Pendidikan Menengah, Armin Wakerkwa tidak bertanggungjawab terhadap Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) dana bantuan operasional sekolah (Bos) tahun anggaran 2017.

Menurut Marthen hingga saat ini laporan tersebut tidak diserahkan ke BPKAD, sehingga menjadi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  saat melakukan audit pada Bulan Februari lalu.

“Meskipun Dispenmen  sudah dialihkan ke provinsi tapi pertanggungjawaban dana BOS 2017 harus tetap dilakukan oleh pejabat sebelumnya. Seharusnya tanggal 30 Desember lalu LKPJ sudah diserahkan” kata Marthen.

Ia mengatakan secara teknis pihak sekolah menyerahkan laporan penggunaan dana BOS ke dinas terkait, selanjutnya laporan tersebut diserahkan dinas ke  BPKAD.

Untuk itu, Marthen mendesak semua sekolah SMA dan SMK menyerahkan rekening dana BOS agar bisa dilakukan perekapan.

“Kami sudah minta rekening dana BOS dari sekolah-sekolah supaya dilakukan audit dan kami harap bisa secepatnya,” tandas Marthen.

Marthen juga menyayangkan kurangnya koordinasi terkait pengalihan sarana dan prasarana, serta dokumen P3D Dispenmen dari kabupaten ke provinsi. Hal ini yang menyebabkan banyak terjadi kendala manyangkut anggaran pembiayaan ujian ditingkat SMA maupun SMK.

“Wacana pengalihan kewenangan Dispenmen ini sudah dua tahun lalu, selama itu pula tidak ada koordinasi pemprov dengan kita di kabupaten, padahal pemprov yang tahu jelas soal kebijakan pengalihan ini,” ujar Marthen.

Iapun sangat menyayangkan pernyataan dari pihak pemprov bahwa belum ada anggaran USBN untuk sekolah-sekolah di kabupaten.

Seharusnya, lanjut dia, pihak pemprov telah memberikan rincian anggaran terkait UN agar bisa diatur, yang menjadi tangguang jawab kabupaten dan provinsi. “Karena tidak ada koordinasi yang baik akhirnya baku harap dan terjadi tumpang tindih ini seperti ini,” sesalnya. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *