OPD Diminta Segera Input RUP

Bambang Wiji Wijacsono
Foto: Indri/TimeX

TIMIKA, TimeX

Setelah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dibagikan ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebaiknya setiap OPD diminta segera mengimput data Rencana Umum Pengadaan (RUP). Dengan begitu, semua program dan kegiatan masing-masing OPD akan terlihat dalam sistem.

“Setelah OPD menerima DPA, setiap OPD harus mengimput  RUP kedalam user admintnya. Nanti dari sisitem akan muncul semua kegiatan OPD. Ini langkah awal dari proses pelelangan,” demikian dikatakan Kepala Bagian Pelayanan  dan Pengadaan  Setda Kabupaten Mimika, Bambang Wiji Wijacsono kepada Timika eXpress saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/4).

Menurut Bambang, terkait dengan proses pelelangan, terjadi  persoalan lantaran jaringan yang hampir sebulan tidak begitu baik. Maka Website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Mimika  yakni  lpse.mimikakab.go.id untuk saat ini tidak dapat diakses, sehinga kini dialihkan ke https://182.23.110.133. Namun, apakah ada perubahan atau tidak setelah jaringan internet kembali normal saat ini.

“Terkait pengalihan ini telah kami surati juga wadah-wadah yang menaungi kontraktor, salah satunya Gabungan Perusahaan Konstruksi Indonesia (Gapensi). Kami berharap Gapensi dapat memberitahukan kepada anggota-anggotanya, begitu juga dengan yang lain, terkait hal ini,” terang Bambang.

Menurut Bambang, selain menyurati Gapensi dan beberapa wadah lainya, pihaknya telah mengumumkan pengalihan website tersebut di media masa.

“Jangan sampai pihak ketiga masih mengunakan website yang lama, sehingga pada saat OPD menyampaikan pengumuman pelelangan yang mengases hanya dari daerah lain, akhirnya yang menang hanya kontraktor dari luar, sedangkan kontraktor lokal tidak, ini yang kami antisipasi,”terang Bambang

Ia berharap agar semua OPD harus mempersiapkan proses lelangnya, untuk proyek diatas Rp 500 juta karena dilelang secara LPSE. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.