Jokowi Rencana Datang Lagi di Timika

TIMIKA,TimeX

Dalam perbincangan singkat antara Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Presiden RI, Joko Widodo, Kamis (12/4) kemarin, Bupati Omaleng meminta agar Jokowi membantu pembangunan runway Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, pembangunan Terminal Bandara Baru Pemkab Mimika serta meresmikan Mimika Sport Center (MSC). Tak hanya itu, Bupati Omaleng juga menyampaikan kepada Presiden bahwa masyarakat Mimika rindu akan kehadiran  Presiden Jokowi ke Timika, bukan sebatas transit di Bandara Timika.

Menjawab permintaan Bupati Omaleng, Presiden Jokowi menyarankan kepada Omaleng untuk mengajukan pemintaan anggaran pembangunan fasilitas tersebut kepada Menteri Perhubungan RI. Sedangkan permintaan untuk  peresmian MSC, Presiden Jokowi belum memberikan jawaban pasti, namun Presiden menyatakan akan menyiapkan waktu khusus untuk datang kembali ke Timika guna meresmikan stadion yang dibangun PT Freeport Indonesia itu.

Sementara itu Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriani Jokowi meninggalkan kenang-kenangan bagi warga Kabupaten Mimika saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat pada Kamis (12/4) pukul 15.52 WIT. Jokowi sebelumnya dari Jayapura menggunakan Pesawat Kepresidenan tiba di Bandara Mozes Kilangin pukul 11.00 WIT.

Saat itu Presiden mengenakan baju kemeja putih lengan panjang dipilit sampai lengan dipadukan celana kain hitam bersepatu kets putih merah bertali hitam dan kaos kaki putih. Sementara ibu negara mengenakan baju putih lengan panjang bercelana hitam, mengenakan shall serta sepatu kets. Turun dari pesawat disambut Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang, Sekda Mimika Ausilius You, Asisten I Setda Provinsi Papua, Kejari Mimika Aleks Sumarna, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto Basuki, Dandim Mimika Letkol Inf Windarto, Danlanud Timika.

Sebelum berangkat ke Asmat menggunakan heli kopter TNI AU dengan nomor H-3204 pada pukul 11.28 WIT sempat berbicang dan memantau pembangunan terminal baru milik Pemkab Mimika dari ranway bandara.

Dalam perbincangan singkat itu kepada Jokowi, Bupati Omaleng meminta untuk membantu memperpanjang ranway Bandara Mozes Kilangin, pembangunan terminal bandara baru milik Pemkab Mimika serta meminta meresmikan Mimika Sport Center (MSC).

Menjawabi permintaan itu Jokowi menyarankan kepada bupati untuk mengajukan anggaran kepada Menteri Perhubungan. Sementara permintaan rencana peresmian MSC Jokowi belum memberikan jawaban hanya menyatakan akan menyiapkan waktu khusus untuk meresmikan bangunan yang dibangun PT Freeport Indonesia itu. Bupati juga menyatakan masyarakat Mimika rindu akan kunjungan Presiden Jokowi sehingga tidak hanya sebatas transit di bandara.

Jokowi tiba di Bandara Moses Kilangin dari Asmat sekira pukul 15.52 WIT disambut Bupati Mimika, Sekda Mimika, Kapolres, Asisten I Setda Papua. Setelah delapan menit bersalaman dengan pimpinan Forkompinda dan memberikan keterangan pers kepada wartawan mengenai kunjungan ke Asmat sekira pukul 16.00 WIT menggunakan mobil sedan hitam RI I menuju Resto dan Hotel 66 Cenderawasih untuk santapan siang. Rombongan melewati Jalan Ahmad Yani, Jalan Trikora, dan Jalan Cenderawasih. Dalam perjalanan itu Presiden membagikan baju kaos hitam bertuliskan ‘Jokowi’ dengan bordiran warna putih, dan baju batik bertuliskan ‘Istana Presiden’ serta buku-buku dongen untuk anak-anak  kepada warga yang berdiri di pinggir Jalan Cenderawasih.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini didampingi Ibu Iriani Jokowi mendapat sambutan hangat dari warga Mimika.

Selama perjalanan kaca mobilnya dibuka setengah sambil melemparkan senyum serta lambaian tangan kepada warga.

Kehadiran Jokowi bagaikan magnet bagi warga Mimika. Hal ini dapat dilihat dari begitu antusias ratusan warga maupun pengendara roda dua dan empat yang berhenti guna menyaksikan kedatangan Jokowi.

Selama perjalanan bersama ibu negara mendapat pengawalan ketat oleh tim Paspamres, dan TNI-Polri.

Farellk, pelajar SMP YPJ Kuala Kencana yang didampingi mamanya mengaku bangga mendapat baju kaos dari Jokowi. Rasa bangga yang sama juga terlihat dirona wajah mantan Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mimika Yopi Toisuta. Ia mendapat baju kemeja batik bertuliskan ‘Istana Presiden’.

Setelah satu jam menikmati santap siang Presiden bersama ibu negara direncanakan mengunjungi Pasar Sentral dan MSC, namun akhirnya batal lantaran kembali ke bandara kemudian berangkat menuju Sorong Papua Barat sekira pukul 18.15 WIT. Atas dibatalkan kunjungan itu ternyata menuai rasa kecewa dari mama-mama penjual sayur serta pedagang ikan di Pasar Sentral. Padahal, sebagian warga sudah menunggu di Jalan Budi Utomo sejak pukul 16.00 WIT hanya untuk melihat dari dekat sang Presiden RI. (antonius djuma)

Foto: Antonius Djuma/TimeX

DAMPINGI – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Ny Iriana Jokowi didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng berjalan menuju Helikopter TNI AU berangkat ke Kabupaten Asmat di Bandara Mozes Kilangin pada Kamis (12/4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *