PLN akan Launching PLTS di Tiga Kampung

Kantor PLN Timika
Foto : Shanty/TimeX

Salmon Kareth
Foto : Shanty/TimeX

 

TIMIKA,TimeX

PT PLN (Persero) Area Timika akan launching Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampung Aikawakupa, Kekwa Lama dan Kampung Kekwa Baru, Distrik Mimika Tengah pada peringatan hari Kartini tanggal 21 April mendatang.

“Jadi launching PLTS ini sebagai kado hari Kartini untuk masyarakat Kampung Aikawapuka, Kekwa Baru dan Keakwa Lama. Tapi sekarang kami lagi cari titik yang tepat untuk kegiatan launching,” ungkap Kepala PT. PLN Area Timika, Salmon Kareth saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Rabu (18/4).

Ia mengatakan untuk Kampung Aikawapuka sebanyak 122 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 205 orang akan menikmati jaringan listrik, dengan sumber tenaga listrik PLTS Isolated 50 KWp dan JTR 1.16 kms.

Sementara di Kampung Kekwa Baru sebanyak 104 KK yang jadi pelanggan PLN, dengan sumber tenaga listrik PLTS Isolated 50 KWp dan JTR1.5 kms.

Berikut Kampung Kekwa Lama  sebanyak 75 KK  dengan jumlah jiwa 165 menikmati listrik dengan sumber tenaga listrik PLTS Isolated 50 KWp dan JTR  0.4 kms.

Para pelanggan di kampung-kampung itu, lanjut dia bisa membeli pulsa listrik melalui kepala kampung atau koperasi. “Karena ini meteran prabayar, jadi untuk pembelian pulsa listrik bisa melalui kepala kampung atau koperasi yang menyediakan pulsa tersebut,”pungkasnya.

Ia mengatakan pihaknya menargetkan 33 kampung di wilayah PLN Area Timika harus dilistriki  termasuk di Kabupaten Asmat dan Yahukimo. “Sudah ada beberapa kampung yang terinstalasi jaringan listrik namun yang rampung baru di Kampung Aikawapuka, Kekwa Baru dan Kekwa Lama dan  Kampung Faka-Fuku,” ujarnya.

Menurut Salmon, jaringan listrik di Distrik Agimuga sudah selesai dibangun namun mesinnya belum datang.

“Tapi Khusus untuk Kampung Faka-Fuku kami sudah launching PLTS dan masyarakat sudah menikmati listrik. Untuk saat ini kami sedang bangun jaringan di Kokonao dan Atuka,” terang Salmon. (san)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *