Panitia LPTQ Gelar Rapat Finalisasi Lomba MTQ dan STQ

RAPAT-Suana rapat finalisasi panitia LPTQ di Masjid Agung Babussalam, Rabu (18/4).
Foto : Shanty/TimeX

 

TIMIKA,TimeX

Panitia Lembaga Pengembangan Tilawatil Qura’an (LPTQ) Kabupaten Mimika menggelar rapat finalisasi kegiatan perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) di Masjid Agung Babussalam, rabu (18/4).

Rapat pemantapan tersebut untuk mengetahui persiapan akhir dari masing-masing seksi dalam perlombaan MTQ dan STQ tingkat kabupaten yang rencananya akan diselenggarakan di Masjid Agung Babussalam pada tanggal 20 sampai 22 April mendatang.

“Rapat ketiga ini untuk mendengarkan kemantapan persiapan dari seksi kesekretariatan, musa bakom, humas, acara, perlengkapan, dekorasi dan seksi penghakiman,” ungkap Panitia Pelaksana kegiatan lomba MTQ dan STQ Kabupaten Mimika,  Abdul Syakir saat ditemui Timika eXpress kemarin.

Ia mengatakan pada perlombaan tersebut pihaknya tidak membatasi jumlah peserta lomba hanya saja sesuai aturan, masing-masing masjid hanya bisa mengirim  satu putra dan putri untuk setiap golongan lomba.

Selain itu panitia juga memperketat batasan umur  karena syarat standar bagi peserta MTQ dan STQ untuk Tartil Quran batasan usianya  9 tahun 11 bulan, sementara  Hifzhil Jus Quran berusia 18 tahun 11 bulan.

Perlombaan tersebut, lanjut dia  rutin dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini pihaknya lebih meningkatkan kualitas dari Qori dan Qoriah, karena pemenang akan menjadi duta atau utusan Kabupaten Mimika mengikuti lomba MTQ tingkat provinsi ke-27 di Nabire.

“Jadi meskipun peserta meraih juara satu tapi dewan hakim mengatakan tidak layak maka tidak akan dikirim untuk ikut lomba ditingkat provinsi,”ujarnya.

Abdul mengatakan, selain mencari bibit-bibit Qori dan Qoriah, perlombaat MRQ dan STQ ini juga untuk mengajarkan masyarakat mengenal lebih dalam ejaan yang baik, sesuai dengan kaidah tajwid dan juga jenis-jenis bacaan Alquran.

“Bukan saja hanya sekedar berlomba dan membaca tetapi bagaimana mengamalkan nilai-nilai Alquran itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. (san)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.