Nelli: Cafe Sisil di PPI Kantongi Ijin dari Disperindag

TIMIKA,TimeX

Pemilik Cafe Sisil Nelli Ermawati Yoko menegaskan keberadaan Cafe Sisil di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PP) di Pomako yang dipermasalahkan oleh DPRD Mimika saat ini mengantongi Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) dan Sura Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) resmi dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika. Dalam surat ijin itu ditandatangani oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng ditetapkan di Timika tertanggal 6 Oktober 2017 di atas meterai enam ribu.

Hal ini Nelli ingin mepis pernyataan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bernadinus Songbes yang menyatakan bahwa Disperindag tidak pernah keluarkan ijin bagi Cafe Sisil.

“Kenapa pengakuan kepala Disperindag bahwa tidak pernah keluarkan surat izin. Padahal ada bukti surat izinnya yakni SITU dan SIUP. Saya juga tidak berani masuk ke area situ tanpa surat izinnya. Tapi inikan jelas ada surat izinnya dan yang punya tanahnya ijinkan,” kata Nelli sambil menunjukan surat ijinnya kepada wartawan di tempat usahanya Cafe Sisil Jalan Hasanudin di Pasar Sentral pada Kamis (19/4).

Ia menegaskan memang dalam pengurusan SITU waktu itu tidak bisa keluar karena harus melalui bupati. Tetapi sekarang SITU dan SIUP-nya sudah ada ditandatangani Kadisperindag. Namun ia tidak menyebutkan nomor SITU dan SIUP serta kepala dinas siapa yang tanda tangan.

“Kalau mengenai soal akan ditutupnya cafe ini padahal surat izinnya ada itu tidak adil. Kalau mau semua cafe dan bar yang ada di kota ini harus tutup semua. Saya juga sebenarnya mau ketemu dengan bupati hari ini (Kamis-Red) tetapi beliau sibuk,” ungkap Nelli.

Sebelumnya seperti diberitakan media ini anggota Komisi B DPRD Mimika M Nurman S Karupukaro mendesak agar Pemerintah Kabupaten Mimika segera menutup keberadaan Cafe Sisil di kawasan PPI di Pomako, Distrik Mimika Timur diindikasikan ada penjualan minuman keras dan menyediakan wanita penghibur.

“Jadi kami minta dalam minggu ini dinas terkait harus segera menutup, karena diindikasi menjual minuman keras serta ada wanita penghibur,” ujar anggota Komisi B DPRD Mimika M Nurman Karupuka kepada Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (16/4).

Mantan Ketua Komisi C DPRD Mimika itu mengaku telah menerima laporan dan keluhan dari masyarakat setempat bahwa ada sebuah bangunan permanen yang digunakan sebagai cafe dan tempat karaoke di areal PPI di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Mimika.

Sementaran sebelumnya Kepala Disperindag Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes menegaskan keberadaan Cafe Sisil di kawasan PPI Pomako saat ini Disperindag selaku instansi teknis terkait tidak pernah keluarkan ijin. Bahkan Bernadinus menjajikan akan berkoordinasi dengan Dinas Perijinan Satu Pintu dan Satpol PP untuk menindaklanjuti.

“Saya tidak pernah mengijinkan cafe itu dibangun di sana. Jadi dalam waktu dekat ini kami akan tindaklanjuti, karena itu lahannya Pemkab dan tidak boleh berada di situ lagi,” kata Bernadinus saat ditemui Timika eXpress di lokasi perdamaian Distrik Kwamki Narama, Rabu (18/4).

Mantan Sekretaris KPU Mimika itu menegaskan bicara soal perijinan itu bukan lagi ranahnya Disperindag namun sudah dialihkan ke Dinas Perijinan Satu Pintu.

“Jadi saya mau tegaskan lagi bahwa sejak perijinan masih di Disperindag, kami tidak pernah keluarkan surat ijin buat cafe tersebut,” katanya. (tan)

Foto: Tanto/TimeX

BUKTI – Pemilik Cafe Sisil Nelli Ermawati Yoko menunjukan bukti SITU yang dikeluarkan oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng pada Kamis (19/4).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *