‘Terima Kasih Pemkab Sudah Selesaikan Masalah Kwamki Narama’

TIMIKA,TimeX

Ketua III Lembaga Masyarakat  Adat Suku  Kamoro (Lemasko) Marianus Maknaipeku menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang sudah menyelesaikan masalah konflik saudara di Kwamki Narama yang ditandai dengan prosesi patah panah serta bakar batu.

“Ini sangat luar biasa. Namun kami pertegaskan bahwa penyelesaian masahal di Kwamki Narama dengan membayar uang yang cukup besar serta babi hal seperti  itu bukalah satu solusi penyelesaian. Acara patah panah belum bisa jamin untuk selesaikan masalah yang ada,” kata Marianus saat menghubunggi Timika eXpress via ponselnya,  Jumat (20/4).

Mantan anggota DPRD Mimika itu menegaskan pemerintah daerah bila selesaikan masalah dengan cara seperti itu maka jangan sedikitpun memberikan peluang kepada warga setempat untuk muncul kembali masalah serupa dikemudian hari.

“Jika memang selesaikan masalah dengan cara berikan uang dan babi seperti itu, maka suka tidak suka akan ada konflik lagi nanti, karena intinya semua itu hanya uang,” kata Marianus.

Seharusnya lanjutnya memberikan pembelajaran penegakan hukum positif kepada pelaku sebab di NKRI ini menerapkan hukum positif bukan hukum adat.

“Maka lembaga menyarankan bapak bupati kalau memberikan uang sebanyak itu maka sangat keliru. Semestinya memberikan pemahaman dengan perangkat hukum bagaimana yang salah harus diproses secara hukum bukan adat. Andaikan seperti itu maka nanti akan mengulangi kembali,” kritiknya.

Ia mempertanyakan apa konsekuensinya setelah patah panah kemudian kembali terjadi konflik. Sebab kejadian seperti itu sudah berulang kali dan meresahkan orang banyak.

Ia menyarankan menyelesaikan masalah yang ada sesungguhnya pemerintah daerah berkoordinasi dengan beberapa bupati tetangga wilayah pegunungan yang warganya ada di Kwamki Narama untuk sama-sama menyelesaikan masalah tersebut, karena yang lakukan konflik itu masyarakatnya. Masyarakat asli tidak melakukan apa-apa. (a31)

Marianus Maknaepeku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.