Aulia Dewi dan Roy Anggaibak Wakili Mimika ke Jayapura

Foto: Shanty/TimeX

FOTO BERSAMA-Ausilus You, Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika foto bersama dewan juri dan pemenang lomba cerita rakyat tingkat SD se- Mimika di Hotel Grand Tembaga, Rabu (2/5).

  • Sekda You Tutup Lomba Cerita Rakyat Tingkat SD se-Mimika

TIMIKA, TimeX

Lomba cerita rakyat tingkat SD se -Kabupaten Mimika yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika sejak Senin (30/4) lalu ditutup Ausilius You, S.Pd,MM,MH, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Rabu (2/5) kemarin.

Dalam kompetisi ini, dewan juri menetapkan Aulia Dewi dari SD IT Permata Papua sebagai juara 1, Roy Moses Anggaibak dari SD YPPK Seminari St Pembaptis sebagai juara 2 dan Maria Anna Riantobi dari SD Kalam Kudus berada di posisi ke 3.

Untuk juara 1 dan juara 2 dinyatakan siap mengikuti lomba cerita rakyat mewakili Kabupaten Mimika ke Tingkat Provinsi Papua yang digelar pada tanggal 7 Mei 2018 di Kota Jayapura. Bahkan, tak hanya menjadi duta Kabupaten Mimika, namun duo jawara ini mendapatkan hadiah tambahan yakni akan menyaksikan lomba cerita rakyat Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta selama 4 hari.

Lomba kali ini pihak penyelenggara menghadirkan dewan juri yang terdiri dari Indri Safitri, psikolog anak yang juga juri Nasional, Muhammad Awam, pendongeng juga sebagai juri Nasional, dan  Ignatius Batmomolin juri tingkat Kabupaten Mimika.

Ausilius You,Sekda Kabupaten Mimika dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini harus mendapat perhatian serius. Karena,  pelajar adalah generasi emas dan penerus bangsa, dan ditangan merekalah masa depan Mimika dipertaruhkan.

“Untuk mendapat juara kita harus melatih diri, menemukan diri lewat kegiatan-kegiatan seperti ini supaya kedepan setelah 15-20 tahun peserta lomba atau yang juara bercerita ada yang bisa menjadi Sekretaris Daerah Mimika,”tutur Ausilius.

Lanjutnya, diharapkan para pesertalomba ini dapat berguna bagi keluarga dan republik ini.

“Karena itu pola pendidikan yang perlu diterapkan saat ini juga akan sangat memberikan warna dan pengaruh untuk bagaimana generasi muda kedepan melanjutkan estafet pembangunan demi kemajuan daerah Mimika,” paparnya.

Menurut Ausilius, pendidikan adalah penentu masa depan bangsa termasuk Mimika, pendidikan yang diselenggarakan tidak hanya menitikberatkan pada meningkatkan prestasi akademik saja, namun juga mengutamakan pendidikan karakter.

“Karena pendidikan karakter inilah menjadi persaingan di era sekarang ini,” ujarnya.

Selain itu, kata Ausilius, melalui pendidikan karakter akan terbentuk insan-insan yang memiliki kepekaan sosial, generasi yang tangguh dan juga memiliki daya saing.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan langkah nyata menumbuhkan kepekaan sosial melalui penganggakatan nilai-nilai kearifan lokal, pengembangan dan kelestarian adat budaya.

“Tentunya dalam suatu perlombaan ada menang dan kalah, semoga dengan kegiatan ini dapat menambah motivasi kalian untuk dapat terus maju baik yang kalah maupun yang menang,”ujarnya.

Ia menambahkan, bagi peserta yang keluar sebagai pemenang harus terus  belajar dan berusaha untuk mempertahankan kemenangan itu di tingkat berikutnya.

“Dan kepada peserta yang tidak menang anda bukan kalah dalam perlombaan ini tetapi kalian masih punya kesempatan kedepan lagi karena ini adalah kesuksesan dan kemenangan yang tertunda,” paparnya.(san)

 

 

1 Comment

  1. Witri asriningsih

    4 May 2018 at 7:55 AM

    Selamat pagi timikaexpress
    mohon maaf perbaikan nama siswa kami yang benar adalah Alya Arsita Dewi dari SDIT PERMATA PAPUA. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.