16 Desa Sadar Hukum di Mimika akan Diresmikan

PERTEMUANSuasana pertemuan antara Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Max Wambarauw, didampingi 2 Kabid Pelayanan Hukum dan HAM bersama Kabag Hukum Setda Mimika, Sihol Parningotan beserta stafnya di ruang rapat Kabid Pelayanan HAM di Jayapura, Kamis (17/5).
Foto: Istimewa

TIMIKA, TimeX

Yasonna Hamonangan Laoly, Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia  akan meresmikan 16 desa sadar hukum pada dua distrik yang ada di Kabupaten Mimika. Demikian keterangan tertulis yang diterima Timika eXpress dari Sihol Parningotan,  Kabag Hukum Setda Mimika melalui Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Kamis (17/5).

Sihol menyampaikan keterangan tersebut usai rapat bersama Max Wambarauw, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, didampingi 2 Kabid Pelayanan Hukum dan HAM, di ruang rapat Kabid Pelayanan HAM kemarin di Jayapura.

Sihol menjelaskan Pemkab Mimika sudah melaksanakan kegiatan pembinaan desa sadar hukum didua distrik dan 16 kampung. “Kami sudah lakukan kajian serta analisa  agar 16 kampung sadar hukum ini bisa diresmikan. Anggarannya juga sudah ada,” ungkap Sihol.

Menurutnya pengganggaran untuk peresmian 16 kampung tersebut sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan Kanwil Kemenkumham Papua.

Sementara itu Max Wambrauw, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM,  sangat mengapresiasi kehadiran Kabag Hukum Pemkab Mimika bersama rombongan di Kanwil Kemenkumham Papua.

Max sangat optimis desa sadar hukum di Mimika segera diresmikan.“Mereka sudah melakukan persiapan dengan matang  sehingga tinggal langkah-langkah koordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM terkait waktu pelaksanaannya,” kata dia.

Peresmian desa sadar hukum, kata dia harus dilaksanakan tahun ini mengingat hal tersebut menjadi kristalisasi pembentukan desa-desa sadar hukum. “Nantinya desa-desa itu akan menjadi garda terdepan menyampaikan hukum kepada masyarakat,” jelasnya. (tim)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.