Pedagang Eks Pasar Swadaya Siap Direlokasi

 

TIMIKA,TimeX

Para pedagang eks Pasar Swadaya Timika hingga hari ini belum mengetahui jika lokasi jualan mereka akan dijadikan taman kota. Meski mereka belum mendapat pemberitahuan soal tersebut secara resmi, namun para pedagang ini menyatakan siap untuk direlokasi.

Salah satu pedagang pakaian bernama Ronald, saat ditemui Timika eXpress, Senin (21/5)  mengaku, hingga kemarin dirinya belum mendapat sosialisasi dari Pemkab Mimika terkait relokasi para pedagang.

” Pindah ya. Kapan kami dipindahkan? Saya juga belum tahu kalau lapak-lapak kami akan dibongkar,” ujar Ronald.

Meski belum mendapat sosialisasi dari pihak terkait, namun kata Ronald, dirinya siap untuk direlokasi ke tempat lain, berkaitan dengan rencana pembangunan taman kota di wilayah tersebut.

Tak hanya Ronald, salah satu penjual ikan bernama  Daeng  kaget saat diwawancara Timika eXpress.

“Saya baru dengar ini. Tapi kami ini kan pedagang, ya mau gimana lagi, kalau disuruh pindah, ya kita pindah,” tutur Daeng.

Lanjut Daeng, dirinya mengaku tetap mendukung apa yang sudah menjadi keputusan Pemkab Mimika terkait relokasi para pedagang berkaitan rencana pembangunan taman kota.

“Iya, kami mendukung rencana itu. Karena kami juga menyadari bahwa lokasi eks pasar swadaya yang saat ini kami tempati untuk berjualan ini memang bukanlah rempat yang tepat, karena letaknya di badan jalan,” paparnya.

Lalu kenapa memilih berjualan di lokasi ini? Menurut Daeng, hingga kini dirinya belum mendapat tempat jualan di Pasar Sentral.

” Kami terpaksa jualan di sini. Soalnya saya tidak ada lapak kalau di Pasar Sentral, pedagang di sana saja tidak kebagian tempat apalagi kami,” ujar Daeng.

Sementara itu, rencana relokasi para pedagang dan pembongkaran eks Pasar Swadaya ini terkait rencana pembuatan taman kota seperti disampaikan Plt Bupati Mimika,Yohanis Bassang beberapa hari lalu.

Bassang hampir dalam setiap pertemuan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam membahas rencana Smart City, selalu mendesak agar lokasi tersebut segera dibersihkan dan para pedagang  segera direlokasi ke Pasar Sentral. Tidak hanya itu Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang berada di lokasi itu juga  segera dipindahkan.

Selanjutnya Bernadinus Songbes, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Mimika menegaskan, pada akhir Mei 2018 ini, pihaknya akan merelokasi semua pedagang eks Pasar Swadaya.

“Kami sudah mendata pedagang, tinggal kita relokasi saja, akhir Me ini,” ujar Bernadinus.(a30).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.