BNNK Kejar Jaringan Pengedar Ganja 179,98 Gram

TIMIKA,TimeX

Petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika kini mengejar RC jaringan pengedar narkotika jenis ganja seberat 179,98 gram di Jayapura. RC diduga kuat  sebagai pengirim ganja untuk dua tersangka pengedar dan pengguna ganja berinisial MA (20) dan JT (16) di Timika. MA dan JT telah dibekuk oleh BNNK dan Satres Narkoba Polres Mimika di Bandara Mozes Kilangin pada Kamis (30/8).

“Saat ini kita sudah tangkap dua orang, dan satunya masih dalam pengejaran,” ujar Kompol Mursaling Kepala BNNK Mimika kepada Timika eXpress via ponselnya pada Jumat (31/8).

Keduanya kata Mursaling dikenakan Pasal 111 ayat (1) dan 114 ayat (1) jo Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Pada saat penangkapan kedua pelaku lanjut Mursaling juga mengamankan barang bukti berupa satu bungkus plastik ukuran sedang  seberat 31,83 gram, 10 bungkus plastik ukuran kecil seberat 21,53 gram. Maka total semuanya seberat 53,36 gram. Selain itu satu buah HP Samsung  warna putih,  satu buah HP merk Nokia warna putih, satu bungkus plastik ukuran besar dengan berat 40,37 gram, tiga bungkus plastik ukuran sedang seberat 65,62 gram, 10 bungkus plastik ukuran kecil dengan berat 20,63 gram. Total semuanya 126,62 gram.

Mursaling  menjelaskan kronologi penangkapan MA dan JT berawal pada Rabu (29/8) sekira pukul 12.15 WIT dirinya menerima informasi dari Aipda Syamsul Alam Plt Kasi Pemberantasan BNNK Jayapura. Bahwa petugas Bandara Sentani Jayapura saat melakukan X-Ray ditemukan barang dua karton diduga di dalamnya berisikan sayur kangkung yang diselipkan juga narkotika jenis ganja, dengan tujuan penerbangan Jayapura-Timika.

Setelah menerima informasi itu Mursaling bersama Plt Kasi Brantas BNNK Mimika Aiptu Hengky Fenetruma menindaklanjuti dengan memantau serta koordinasi dengan pihak Cargo Bandara Mozes Kilangin Timika. Namun mendapat informasi dari pihak petugas Cargo Mozes Kilangin bahwa barang dua karton masih tertahan di Bandara Sentani. Barang mencurigakan ini ternyata baru dikirim pada Kamis (30/8).

Selanjutnya pada Kamis (30/8) sekira pukul 08.30 WIT, Tim BNNK Mimika dipimpin Kompol Mursaling bersama lima anggota Satres Narkoba Polres Mimika kembali menyelidiki dan pemantauan di Bandara Mozes Kilangin.

Ketika pemantauan sekira  pukul 11.45 WIT datanglah tiga orang pemuda. Dua di antaranya sebelumnya pada Rabu (29/8) sempat datang menanyakan barang kiriman tersebut.

Setelah mengambil barang tersebut dua pemuda yang kini ditetapkan tersangka (MA dan JT) langsung bergegas keluar. Namun pada saat berjalan ke arah pintu  gerbang diikuti  petugas BNNK Mimika dan Satres Narkoba Polres Mimika. Saat itu juga keduanya langsung ditangkap disusul penggeledahan badan serta membuka kedua karton.

Setelah dibuka dua karton itu di dalamnya ditemukan sayur kangkung dan beberapa plastik berisi potongan daun kering warna cokelat diduga kuat narkotika jenis ganja. Dari bandara digiring menuju kantor BNNK untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.