Hendrikus Desak Aparat Razia Pendulang Pembawa Senpi

TIMIKA,TimeX

Hendrikus Atapemame Wakil  Sekertaris DPA Lemasko mendesak aparat TNI-Polri di wilayah ini supaya merazia terhadap aktivitas para pendulang diduga kuat ada yang membawa senjata tajam dan senjata api (senpi).

“Ada bocoran dan kami lembaga bisa buktikan beberapa orang pendulang itu ada bawah senjata tajam, senjata api dari Ambon. Informasi ini disampaikan dari orang pendulang sendiri,” tutur  Hendrikus saat ditemui Timika eXpress di Jalan Bougenville, Selasa (25/9).

Dengan adanya bocoran informasi ini Hendrikus menaruh harapan besar supaya dapat ditindaklanjuti oleh aparat dengan melakukan razia di lokasi dulang.

“Kalau mau terapkan aturan secara baik dengan mendata pendulang. Identitas tidak jelas mungkin diberi tenggat waktu beberapa bulan urus persyaratan untuk tinggal tetap atau bagaimana. Namanya juga mereka cari makan. Jadi tidak bisa membatasi hanya ada saja aksi-aksi terus dari pendulang membuat orang Kamoro sendiri tidak rasa nyaman. Maka kami minta kepada Pemkab supaya lihat persoalan ini,” katanya.

Sesuai pengakuan salah satu pendulang lanjutnya, mereka membawa sajam dan senpi dari daerah kerusuhan mereka masuk ke sini dengan alasan sebagai penjaga diri.

Sebenarnya mereka tidak sadar bahwa adanya alat jaga diri yang dimiliki justru membuat takut warga Kamoro ketika ada masalah. Sebab sudah pasti alat itu sangat berbahaya dapat dipakai disaat kacau. “Mewakili lembaga saya minta supaya polisi dan Pemkab bisa melihat dengan jeli lagi masalah ini. Jangan tunggu ada jatuh korban baru tangani itu sudah terlambat. Perlu ada pencegahan dini,” pungkasnya. (a31)

Foto: Ribka/TimeX
Hendrikus Atapemame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.