Belasan Ormas Mimika Galang Dana Peduli Palu

TIMIKA,TimeX Musibah alam gempa bumi-tsunami yang menimpa masyarakat Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu merupakan musibah nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai wujud kepedulian terhadap musibah di Palu-Donggala, Minggu (30/9), berbagai organisasi massa (Ormas) di Mimika, menggelar aksi solidaritas pengalangan dana di sejumlah ruas jalan dalam Kota Timika.

GALANG DANA-Kelompok organisasi massa pemuda Luwu Utara saat aksi penggalangan dana untuk korban gempa-tsunami di Palu.

Hari Pertama Terkumpul Rp110,5 Juta

TIMIKA,TimeX

Musibah alam gempa bumi-tsunami yang menimpa masyarakat Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) lalu merupakan musibah nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai wujud kepedulian terhadap musibah di Palu-Donggala, Minggu (30/9), berbagai organisasi massa (Ormas) di Mimika, menggelar aksi solidaritas pengalangan dana di sejumlah ruas jalan dalam Kota Timika.

Penggalangan dana bertajuk ‘Ayo Peduli Palu-Donggala dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB),  BKMT Wania, Arema,KSP, GPS, BONEK Surabaya, KIDC Indonesia dan KBIH Kab. Mimika.

Lainnya, COSMIK-Group Timika-KSP, Remaja Mesjid Ar-Rahman,HMI,GIZA Permata,HBAC dan IMCI.

Adapula donasi bantuan pribadi, datangnya dari H. Ramli Muis.

Pada hari pertama penggalangan dana, Minggu kemarin, terkumpul sebesar Rp110.526.000.

(Lihat Tabel Donasi Bantuan)

Dimana jurnal harian penggalangan dana kemanusiaan Mimika peduli gempa-tsunami Sulawesi Tengah akan dihimpun melalui Baznas Mimika.

Aksi penggalangan dana pun dilakukan oleh Pemuda Masampa Palopo, atau yang lazim dikenal Pemuda Luwu Utara.

Penggalangan dana bertajuk ‘Ayo Peduli Palu-Donggala oleh Pemuda Luwu Utara dikoordinir oleh Adnan selaku koordinator.

Kepada Timika eXpress saat ditemui di persimpangan lampu merah Diana, Jalan Budi Utomo, Minggu (30/9), Adnan mengatakan, aksi penggalngan dana ini dilakukan dibeberapa titik, seperti perempatan lamput merah Hasanudin, perempatan lamput merah Diana Shoping Center, Bundaran Timika Indah bilangan Belibis, Jalan Pendidikan.

Selain itu, ikut terlibat komunitas Rosifumi (pecinta pembalap MotaGP Valentino Rossi) di Timika juga menggelar aksi serupa di perempatan Jalan Pendidikan-Jalan Yos Sudarso.

Kata Adnan, para pemuda Luwu Utara dalam aksi tersebut dilengkapi atribut kartu keanggotaan, menyapa pengendara disetiap perhentian di lampu merah.

Mereka menyodorkan kardus menggalang dana dari pengendara mobil maupun sepeda motor.

Lanjut Adnan, adapun dana yang terkumpul dari aksi solidaritas tanpa target ini, selanjutnya dikumpulkan dan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) Kabupaten Mimika.

“Dana yang kami galang, kami serahkan atau kumpul semua di Baznas Mimika. Ini sama seperti penggalangan dana untuk korban gempa Lombok sebelumnya. Kami harapkan sukarela demi meringankan beban masyarakat Palu,”  serunya.

Kata Adnan, pengalangan dana ini akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan.

“Kita hanya galang donasi bantuan dalam bentuk uang, supaya percepat proses penyaluranya.

Kita sudah komunikasikan ke semua pemuda Luwu Utara supaya ambil bagian dalam aksi ini, kami juga berterima kasih dengan adanya komunitas-komunitas peduli lainya di Mimika yang sudah melakukan hal serupa peduli Palopo y6ang juga terdampak Gempa Palu,”pungkasnya (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.